Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gagal Login F02

Cara Mengatasi Gagal Login F02
Buka aplikasi Shopee dan ingin berbelanja, tiba-tiba akun log out sendiri dan ketika ingin login kembali, muncul peringatan "Gagal Login (F02): Akun sedang ditinjau karena alasan keamanan atau karena ada aktivitas yang melanggar Peraturan Komunitas Shopee".

Hal ini tentu membuat pengguna bingung dan khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan. Apa arti dari F02 ini dan apa yang harus dilakukan pengguna agar dapat login dan beraktivitas di aplikasi seperti biasa.

Apa Arti Gagal Login F02?

Gagal Login (F02): Akun sedang ditinjau karena alasan keamanan atau karena ada aktivitas yang melanggar Peraturan Komunitas Shopee
Sesuai dengan apa tertulis, Gagal Login (F02) ini disebabkan karena sistem Shopee mendeteksi adanya kejanggalan pada aktivitas akun dari pengguna. 

Bisa juga disebabkan karena tindakan yang melanggar Syarat dan Ketentuan Shopee seperti pembuatan pesanan palsu, penyalah gunaan voucher atau promo, penipuan dan hal lain.

Ketika sistem mendeteksi pelanggaran, akun pengguna akan logout otomatis dan tidak bisa login kembali. Anda harus menghubungi Customer Service Shopee atau mengajukan pemulihan akun untuk dapat login kembali.

Umumnya lebih sering terjadi karena login yang mencurigakan, misal login dari perangkat berbeda, jaringan internet berbeda atau di lokasi yang jauh dari biasanya. Misalnya ada yang hack akun, VPN atau penggunaan emulator Android di desktop.

Simak juga: Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee 

Cara Mengatasi Gagal Login F02

Bagi Anda yang merasa tidak melakukan pelanggaran dan hanya beraktivitas normal, kemungkinan ada kesalahan sistem. Jika itu yang terjadi Anda bisa mencoba menghubungi Customer Service Shopee via Live Chat, email, call center 021-39500300 atau via sosial media.

Kangtho pribadi lebih suka Live Chat karena respon cepat dan tidak membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi. Caranya buka aplikasi Shopee > masuk tab Saya > scroll ke bawah lalu pilih Chat dengan Shopee/ Chat Prioritas Platinum.

Tanyakan baik-baik mengapa akun Anda tidak bisa login (F02), pelanggaran apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Sebutkan username dari akun Anda, jika lupa sebutkan nomor telepon atau email yang digunakan untuk mendaftar.

CS biasanya akan memberikan penjelasan tentang alasan munculnya Gagal Login (F02) lalu menyarankan pengguna untuk mengiji Formulir Pengajuan Pemulihan Akun.

Selain harus memasukkan informasi nama lengkap, username, email, nomor handphone dan kendala yang dihadapi, Anda harus mencantumkan dokumen pendukung berupa KTP dan KK.

Anda akan mendapatkan balasan dari Shopee, paling lambat 3 x 24 jam setelah pengajuan. Umumnya dalam sehari sudah dapat balasan via email dan semoga pemulihan akun Anda disetujui.

Seharusnya jika Anda tidak pernah melakukan pelanggaran Syarat dan Ketentuan Shopee, akun akan pulih dan bisa login kembali seperti biasa. Biar aman, ingat selalu 1 akun untuk 1 perangkat. Jangan login logout beberapa akun di 1 perangkat.

Perlu diingat bahwa konfirmasi pemulihan akun itu lewat email resmi yang berakhiran @shopee.com, harap waspada jika ada pihak yang menghubungi via telepon, whatsapp atau email lain.

Beberapa netizen mendapatkan pengalaman buruk tentang masalah Gagal Login (F02) ini. Saat proses pengajuan pemulihan akun, tiba-tiba ada panggilan Whatsapp mengatasnamakan Shopee. Singkat cerita, pelaku meminta pengguna untuk mengisi saldo Shopeepay dan duitnya hilang.

Dari pengalaman ini kita bisa mengambil hikmah, jangan percaya siapapun yang mengatasnamakan Shopee apalagi kalau cuma menggunakan nomor biasa. Hanya ikuti petunjuk dari akun resmi dari Shopee.

Sekian penjelasan tentang masalah Gagal Login (F02) dan tips singkat untuk mengatasi hingga bisa login kembali. Intinya jika Anda tidak pernah melakukan kesalahan, akun akan kembali. Namun jika Anda melanggar, bersiaplah akun Shopee hilang selamanya.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Gagal Login F02"