Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Nomor ShopeePay Sendiri dan Orang Lain

Cara Mengetahui Nomor ShopeePay Sendiri dan Orang Lain
Anda mungkin bingung tentang bagaimana cara mengetahui nomor ShopeePay, terutama ketika ingin melakukan transfer atau menerima transfer melalui layanan ini. 

Bagaimana cara mengetahui nomor ShopeePay sendiri, apalagi jika ingin tahu nomor ShopeePay orang lain? Mari kita jelaskan langkah demi langkah.

Cara Mengetahui Nomor ShopeePay Sendiri

ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online di aplikasi Shopee. 

Seiring perkembangan teknologi, ada juga penjual yang menawarkan ShopeePay sebagai metode pembayaran di toko offline atau online, mereka disebut dengan Merchant ShopeePay.

Nomor ShopeePay adalah nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi Shopee. Ketika ingin melakukan top-up saldo via Mitra Shopee, Alfamart, atau Indomaret, Anda cukup menyebutkan nomor HP dari akun Shopee, dan proses top-up akan berhasil.

Namun, untuk mengisi saldo melalui transfer bank, baik dari ATM maupun mobile banking, Anda perlu menambahkan tiga angka dari virtual account bank yang Anda pilih.

Jadi, nomor ShopeePay untuk transfer bank adalah gabungan antara Nomor Virtual Account dengan Nomor Handphone terdaftar di Shopee.

Anda tidak perlu menghafalkan 3 digit kode Bank ini karena kode transfer bisa dilihat ketika ingin "Isi Saldo", berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Di halaman awal, tap Jumlah Saldo ShopeePay Anda atau dengan masuk ke tab Saya lalu pilih ShopeePay pada bagian Dompet Saya
  3. Pilih Isi Saldo
  4. Pilih Transfer Bank, tinggal pilih mana yang ingin digunakan dan pilih Konfirmasi.
  5. Akan muncul Petunjuk Transfer dan tentunya No. Rekening dari Virtual Account.
  6. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk tersebut hingga saldo masuk ke rekening ShopeePay Anda.

Melalui langkah-langkah ini, Anda dapat mengetahui nomor ShopeePay yang digunakan untuk top up melalui transfer bank.

Baca juga: Cara Membuat Akun Shopee Baru dengan Nomor yang Sama

Cara Mengetahui Nomor ShopeePay Orang Lain

Umumnya nomor ShopeePay yang terdaftar di Shopee adalah nomor ponsel utama dari seseorang. Pada jaman sekarang, nomor ponsel tidak hanya untuk SMS dan telepon tapi juga Whatsapp, Telegram, termasuk nomor rekening dari e-wallet seperti Gopay, OVO dan DANA.

Untuk menjaga privasi dan keamanan, Shopee menerapkan kebijakan ketat yang tidak mengijinkan berbagi nomor HP termasuk via chat. Jadi mustahil mengetahui nomor ShopeePay orang lain yang tidak Anda kenal.

Kalau orang tersebut teman sendiri dan Anda punya kontaknya, maka nomor tersebut mungkin yang digunakan untuk mendaftar di Shopee. Anda bisa mengeceknya dengan mudah:
  1. Pastikan nomor sudah tersimpan di Kontak handphone lalu buka aplikasi Shopee
  2. Pilih Tab Saya
  3. Pilih "Mengikuti" tepat di bawah username dan level member.
  4. Pilih logo Kontak (tepat di samping logo facebook)
  5. Daftar ini diurutkan berdasarkan abjad, jadi scroll ke bawah hingga menemukan orang yagn dicari. Jika ada, berarti dia menggunakan nomor HP tesebut. 
Misal Anda ingin bantu isi saldo dengan transfer bank, tidak perlu bertanya tinggal transfer ke kombinasi dari Nomor Virtual Account + Nomor Handphone terdaftar di Shopee. 

Berikut ini daftar 3 Nomor Virtual Account dari Shopeepay:

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI): 112
  • Bank Mandiri: 893
  • Bank Permata: 706
  • Bank Central Asia (BCA): 122
  • BSI: 608
  • BNI: 8807

Jika tidak menemukan bank yang Anda gunakan, proses transaksi top up bisa dilakukan dengan menggunakan kode Virtual Account Bank Mandiri yang bisa digunakan untuk kategori "Bank lainnya".

Contoh nomor HP orang lain itu 081 180 090 060 dengan transfer bank BCA, maka Anda bisa mentransfer ke nomor 122 + 081 180 090 060. Periksa informasi yang tertera di layar dan pastikan nama yang tertera sesuai dengan username ShopeePay dari orang yang ingin ditransfer.

Dengan memahami langkah-langkah ini, Anda akan lebih siap dan terampil dalam mengakses informasi nomor ShopeePay. Tetap ingat untuk selalu menjaga privasi orang lain dan mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh Shopee terkait penggunaan informasi pribadi.

Dengan artikel ini, kami berharap Anda memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang cara mengetahui nomor ShopeePay sendiri dan orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat dalam pengalaman penggunaan ShopeePay Anda sehari-hari.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Nomor ShopeePay Sendiri dan Orang Lain"