Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keterlambatan Pengiriman Pesanan di Shopee

Keterlambatan Pengiriman Pesanan di Shopee
Pesanan yang kita nanti-nanti ternyata tidak kunjung datang. Notifikasi keterlambatan pengiriman dari Shopee menghampiri dengan pesan yang berbunyi, "Maaf, pesanan mengalami keterlambatan. Saat ini, jasa kirim sedang berusaha untuk mempercepat pengiriman. Mohon periksa status pengiriman secara berkala." 

Ketika pesanan tidak kunjung datang setelah melebihi waktu estimasi diterima, kekhawatiran pun mulai merayap. Dalam situasi ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil oleh pembeli/ penerima untuk mengatasi masalah ini.

Apa Arti dari Pemberitahuan Keterlambatan Pengiriman?

Pemberitahuan keterlambatan pengiriman pesanan di Shopee sebenarnya merupakan respons dari sistem terhadap kondisi yang sedang terjadi. Jasa pengiriman yang bekerja sama dengan platform seperti Shopee memperoleh informasi terkini terkait proses pengiriman barang. 

Ketika terjadi keterlambatan, notifikasi ini bertujuan memberikan transparansi kepada pembeli terkait status pesanan yang sedang dalam perjalanan. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi cuaca, tingkat permintaan yang tinggi, hingga kendala logistik.

Simak juga: Kenapa Status Pengiriman Shopee Tidak Berubah

Apa yang Harus Dilakukan Jika Keterlambatan Pengiriman Pesanan di Shopee?

Pemberitahuan ini menciptakan kekhawatiran yang lumayan besar pada pembeli. Produk yang telah ditunggu dengan harapan dan antisipasi tiba-tiba tidak kunjung datang, memicu rasa frustrasi dan kebingungan.

Menghadapi situasi ini, ada beberapa langkah bijak yang bisa diambil sebagai solusi.

1. Tetap Tenang dan Lacak Pesanan dengan Teliti

Meskipun notifikasi keterlambatan pengiriman pesanan bisa membuat khawatir, penting untuk tetap tenang dan bersabar. 

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah secara berkala memantau status pengiriman pesanan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke dalam aplikasi Shopee dan memeriksa "Informasi Pengiriman" pada halaman "Pesanan Saya".

2. Perpanjang Masa Garansi Shopee

Sebaiknya Anda memperpanjang masa garansi jika barang tidak kunjung datang melewati waktu estimasi. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada pesanan Anda.

Caranya cukup masuk "Pesanan Saya", pilih "Dikirim" dan pesanan yang telat. Scroll kebawah hingga menemukan tombol "Perpanjang Masa Garansi Shopee". Selanjutnya tinggal pilih "OK".

3. Berkomunikasi dengan Customer Service Shopee

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah berkomunikasi dengan CS Shopee melalui fitur pesan di dalam aplikasi Shopee. Letaknya di "Informasi Pengiriman", tap tombol "Chat dengan CS" yang ada di samping tanda tanya dalam lingkaran (cek gambar).

Sampaikan kepada CS Shopee mengenai notifikasi keterlambatan pengiriman yang Anda terima. Biasanya, mereka memiliki informasi lebih lanjut terkait dengan pesanan Anda dan dapat memberikan klarifikasi atau solusi terkait keterlambatan tersebut.

Pihak CS Shopee akan meneruskan pesan ini ke pihak ekspedisi. Tunggu beberapa saat hingga ada jawaban. Biasanya ada 2 kemungkinan yang terjadi sehingga barang tidak kunjung sampai melewati waktu yang dijadwalkan.

  • Barang baik-baik saja dan masih dalam proses pengiriman, memang ada kendala tertentu yang menyebabkan keterlambatan. Pembeli disarankan sabar menunggu dan memilih "Perpanjang Masa Garansi Shopee" untuk jaga-jaga ada kendala lain

    Jika Anda masih belum menerima pesanan di hari terakhir masa Garansi Shopee, ajukan permintaan pengembalian dana sebelum periode perpanjangan Garansi Shopee (3 hari) berakhir.
  • Barang dinyatakan hilang/ rusak oleh pihak ekspedisi. Jika memang ada masalah serius pada barang, silahkan memilih "Ajukan Pengembalian".
Seharusnya penjual dan pihak Shopee memahami kendala ini dan menyetujui. Dana akan dikembalikan ke rekening Shopeepay pembeli dalam waktu dekat.

4. Ambil Langsung ke Lokasi

Silahkan perhatikan status pelacakan terakhir di "Informasi Pengiriman". apakah pesanan sudah sampai di kota tempat Anda tinggal. Umumnya ditandai dengan status "Pesanan telah sampai di lokasi transit Hub terakhir".

Bagi yang punya waktu luang dan ingin segera mendapatkan barang tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk ambil sendiri.

Cari saja alamat kantor terdekat via situs ekspedisi terkait atau google maps. Sesampai di lokasi, sebutkan nomor resi dari pesanan Anda dan tunggu petugas mengambilkan di gudang. Terakhir biasanya diminati foto bukti barang sudah diterima.

Baca juga: Apakah Bisa Mengambil Paket Langsung ke IDExpress

Ketika pesanan tidak kunjung datang setelah melewati estimasi waktu yang dijanjikan, perasaan khawatir pasti muncul pada pembeli. 

Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, keterlambatan pengiriman pesanan di Shopee bisa diatasi dengan lebih tenang dan pemahaman yang baik mengenai proses yang sedang berlangsung.

Post a Comment for "Keterlambatan Pengiriman Pesanan di Shopee"