Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Penilaian di Shopee yang Sudah Lama

Cara Mengubah Penilaian di Shopee yang Sudah Lama
Apakah Anda pernah memberikan penilaian atau ulasan di Shopee yang kemudian Anda sadari tidak sepenuhnya mencerminkan pengalaman dan ada kesalahan? Tenang saja karena ada cara mengubah penilaian di Shopee yang sudah lama. 

Namun ada peraturan lumayan ketat terkait masalah ini. Sebuah review mungkin sepele bagi pembeli namun sangat penting bagi penjual. Tidak heran jika Shopee membuat peraturan ketat. Tujuannya agar pembeli tidak sembarangan memberikan review.

Cara Mengubah Penilaian di Shopee yang Sudah Lama

Bisa tidaknya tergantung yang dimaksud sudah lama, jika hanya 30 hari setelah penilaian pertama dan pembeli belum pernah mengubah penilaian maka jawabnya bisa dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi Shopee dan login.
  2. Setelah masuk ke akun Shopee Anda, cari menu "Saya" pada tampilan beranda. Menu ini dapat ditemukan di pojok kanan bawah aplikasi.
  3. Pilih opsi "Pesanan Saya". Hal ini akan membuka halaman yang menampilkan semua pesanan yang pernah Anda buat di Shopee.
  4. Temukan dan pilih pesanan yang ingin Anda ubah penilaian dan ulasannya. Pastikan pesanan tersebut sudah berada pada tab "Selesai" karena penilaian bisa diberikan pada pesanan yang telah selesai.
  5. Cari tombol dengan ikon bintang yang bertuliskan "Lihat Penilaian". Klik tombol tersebut untuk melihat penilaian yang telah Anda berikan sebelumnya.
  6. Klik tombol "Ubah" di bagian bawah penilaian yang sudah Anda berikan sebelumnya.
  7. Anda dapat mengedit penilaian dan ulasan yang telah diberikan sebelumnya. Perhatikan bahwa Anda hanya diperbolehkan mengubah penilaian dan ulasan sekali saja. 
  8. Setelah Anda mengubah penilaian dan ulasan sesuai keinginan, pastikan untuk memeriksa kembali apakah sudah sesuai dengan apa yang ingin disampaikan. Pastikan lebih objektif dan jujur ketika memberikan penilaian agar tidak ada penyesalan.
  9. Terakhir, klik tombol "Kirim" untuk mengirim perubahan penilaian Anda. Setelah Anda mengirim perubahan tersebut, penilaian lama akan digantikan dengan penilaian baru yang Anda ubah.

Perlu diingat bahwa Shopee tidak akan memberikan Koin Shopee tambahan untuk ulasan yang diubah. Pembeli hanya dapat bonus setelah pertama kali memberikan ulasan dengan rincian 25 Koin untuk ulasan 50 karakter, 25 Koin untuk gambar, 25 Koin untuk Video dan 25 Koin terakhir jika memenuhi Pedoman Ulasan Produk.

Pembeli sudah tidak bisa mengubah jika sudah melebihi 30 hari dari penilaian pertama dan pernah mengubah sekali. Namun pihak penjual bisa meminta peninjauan ulang dengan menghubungi Customer Service jika review dari pembeli tidak sesuai dengan fakta. 

Misalnya barang sampai tepat waktu dan berfungsi baik namun diberi bintang 1. Namun semua balik ke pihak Shopee, jika gugatan diterima maka komentar akan dihapus namun jika ditolak berarti tidak bisa diapa-apakan.

Baca juga: 50 Contoh Penilaian Shopee 50 Karakter

Secara hitung-hitungan, waktu 30 hari yang diberikan oleh Shopee itu terhitung sangat lama. Jika penjual tidak suka dengan review, gambar ataupun video dari pembeli, 30 hari sudah memberikan waktu yang cukup untuk protes. 

Silahkan hubungi pembeli melalui chat dan minta penjelasan mengapa memberikan review negatif. Untuk pembeli waras, beliau dapat mengubah penilaian buruk yang diberikan dengan tutorial yang telah dijelaskan di atas.

Kesimpulannya, sebagai pembeli, Anda memiliki waktu 30 hari setelah memberikan penilaian awal untuk melakukan perubahan. Namun, hanya satu perubahan yang diizinkan. Setelah itu mustahil untuk mengganti lagi.

Inilah mengapa penjual disarankan untuk selalu mengecek dan membalas review dari semua pembeli. Jika review tidak sesuai fakta, segera diperbaiki dengan komunikasi dengan pembeli. Jangan sampai melebihi waktu 30 hari tersebut.

Post a Comment for "Cara Mengubah Penilaian di Shopee yang Sudah Lama"