Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jakarta DC Shopee Dimana?

Jakarta DC Shopee Dimana?
Dimana alamat Jakarta DC dan nomor telepon/ Whatsapp yang bisa dihubungi? Sebuah pertanyaan dari warga Jakarta yang berbelanja di Shopee dengan kurir SPX.

Status pengiriman yang tidak bergerak dari gudang sortir pasti bikin khawatir. Ingin rasanya mengambil langsung ke lokasi bagi yang dekat. Sedangkan bagi yang jauh setidaknya ingin menghubungi via telepon atau chat WA untuk mengetahui keberadaan barang.

Apa Itu Jakarta DC di Shopee Express?

Jakarta adalah ibukota Indonesia yang bisa dibilang sebagai kota tersibuk. DC itu singkatan dari Distribution Center/ Pusat Distribusi. Ekspedisi SPX dulu menyebutnya Hub, gudang sortir atau gudang transit.

Jakarta DC adalah gudang yang dikelola oleh Shopee Express dan berfungsi sebagai tempat menyortir barang keluar atau masuk kota Jakarta. Paket yang selesai disortir akan didistribusikan ke area pengantaran berikutnya.

Apa Itu Jakarta DC di Shopee Express?
Status "Paket telah sampai di gudang sortir Jakarta DC" menunjukkan bahwa paket masih dalam antrian penyortiran. Setelah itu berubah menjadi "Paket telah dikirim dari gudang sortir" yang artinya paket selesai sortir.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses penyortiran tergantung pada jumlah barang masuk pada hari tersebut. Normalnya paket sudah keluar gudang kurang dari 1 x 24 jam.

Paket yang stuck di gudang sortir Jakarta disebabkan overload. Terlalu banyak paket masuk sehingga butuh waktu sortir lebih lama. Yang seperti ini sering terjadi pada peak season seperti masa harbolnas, event tanggal kembar dan HUT.

Mengingat mayoritas seller Shopee berada di wilayah Jakarta, jumlah barang masuk bisa mencapai ratusan ribu perharinya. Belum lagi sekarang makin banyak toko yang memilih SPX sebagai kurir andalan.

Distribution Center lain yang berada di wilayah Jabodetabek antara lain Ciracas DC, Kapuk DC, Cakung DC dan Serpong DC. Dengan penyebaran ini pengiriman tidak terkumpul ke 1 titik sehingga lebih lancar.

Alamat Jakarta DC Shopee Dimana? 

Berada di VV9H+FRX, Unnamed Road, RT.9/RW.3, Papanggo, Tanjung Priok, North Jakarta City, Jakarta 14340. Bagi yang ingin mencari di google maps, gunakan kata kunci Shopee Express Sorting Center (link google maps).

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Shopee Express Stuck di Jakarta DC?
Tempat ini memang tidak menggunakan kata Jakarta namun kemungkinan inilah Jakarta DC. Bukti bisa diilihat dari foto, nama dan komentar netizen.

Tersedia nomor telepon kantor yaitu 02165305070 yang bisa dihubungi oleh pelanggan. Untuk kolom pertanyaan & jawaban tidak pernah ditanggapi. 

Ulasan lumayan hancur dengan 1,6 bintang dari 366 pelanggan. Angka ini termasuk sedikit dibandingkan DC Kapuk dan Cakung yang sudah dihujat ribuan user google. Sebuah keputusan tepat dengan tidak menggunakan nama Jakarta DC.

Tidak ada cara mencari alamat kecuali di google maps, SPX sendiri hanya menyediakan fitur "Temukan Service Point". Meskipun tidak penting namun semoga kedepannya alamat DC juga ditambahkan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Shopee Express Stuck di Jakarta DC?

Dikutip dari jawaban Customer Service Twitter @ShopeeID dan ShopeeCare, saat ini paket sedang dalam antrian penyortiran di gudang sortir Jakarta. Penerima diharap sabar menunggu hingga tanggal estimasi diterima.

Apabila pesanan belum sampai hingga waktu estimasi, disarankan menambah masa garansi dan komplain ke CS via Live Chat.

Tunggulah jawaban dari CS, jika barang baik-baik saja dan masih dalam pengiriman maka sebaiknya tetap menunggu. Meskipun kesal karena telat, sebaiknya jangan "Ajukan Pengembalian". Selain ribet dan butuh waktu lama, belum tentu pihak penjual dan Shopee mau menerima.

Sebaliknya jika barang rusak/ hilang sebaiknya segera mengajukan pengembalian dana. Pihak penjual dan Shopee mau tidak mau pasti akan mengabulkan. Kurang dari 3 x 24 jam, dana akan masuk ke Shopeepay.

Simak: Arti Rute Tujuan Salah Shopee Express

Perlu diingat Jakarta DC itu merupakan gudang besar dimana puluhan hingga ratusan ribu barang masuk setiap harinya. Tugas utamanya menyelesaikan sortir paket hingga distribusi ke tujuan selanjutnya.

Tidak ada kurir delivery/ pick up dan petugas yang menerima paket drop off dari pelanggan. Teman-teman tidak bisa jemput paket sendiri ke Jakarta DC. Mencari 1 paket dari sekian banyak paket jelas sulit dilakukan.

Tunggu saja paket di rumah dan cek informasi pengiriman secara berkala. Jika ada terlihat ada kendala segera hubungi CS via Live Chat.

Sering kali meskipun sempat stuck lebih dari sehari di gudang transit namun pengiriman tetap sampai sebelum tanggal estimasi. Sebut saja dari Jakarta ke Madiun itu biasanya butuh 3-4 hari, kalau pun telat 6-7 hari itu masih sesuai layanan Ekonomis dan Reguler.

Sekian artikel tentang Jakarta DC Shopee Dimana? Kesimpulannya gudang sortir yang dimiliki oleh SPX ini berada di kota Jakarta. Pengiriman yang stuck berhari-hari sering disebabkan karena barang masuk overload.

Post a Comment for "Jakarta DC Shopee Dimana?"