Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Rute Tujuan Salah Shopee Express

Arti Rute Tujuan Salah Shopee Express
Salah satu yang menyebabkan paket Shopee Express terlambat adalah salah rute. Ditandai status Pesanan gagal dikirim karena rute tujuan salah. Pengiriman akan dilakukan kembali oleh jasa kirim. Apa artinya dan cara mengatasi?

Sayang sekali padahal sudah sampai "Pesanan sedang diantar ke alamat tujuan". Seharusnya paket diterima hari itu tetapi pengiriman harus putar balik. Tidak perlu khawatir karena kemungkinan barang baik-baik saja hanya telat sedikit.

Arti Rute Tujuan Salah Shopee Express 

Maksudnya barang dikirim ke rute pengiriman yang salah. Pihak Shopee Express akan mengirimkan kembali ke rute yang sebenarnya. Lamanya proes tergantung jarak dari alamat yang keliru dan benar.

Kesalahan sortir yang menyebabkan salah rute biasanya terdeteksi ketika kurir akan mengirimkan paket ke penerima. Kurir akan membawa kembali paket ke Gudang SPX terdekat. Pengiriman paket akan dilanjutkan seperti biasa.

Salah rute juga sering dialami oleh ekspedisi lain. Sebut saja JNE yang menyebutkan Misroute atau Sicepat Ekspres dengan (MR) Misroute.

Kendala seperti ini terjadi karena kesalahan dalam proses penyortiran. Umumnya karena nama daerah memiliki kemiripan seperti Purwakarta x Purwokerto, Sidoarjo x Sidoharjo, Bojonegoro x Bojonegara dll. 

Kadang murni salah sortir karena error. Harap dimaklumi karena gudang sortir terutama di kota besar harus memproses lebih dari ratusan ribu paket setiap harinya. Pengiriman bisa melonjak di peak season terutama masa promo.

Sekarang kurir di Indonesia mulai mengoperasikan mesin sortir otomatis. Dalam sejam puluhan ribu paket bisa diproses ke lebih dari 100 rute. Selain mempersingkat proses, mesin ini diklaim bisa meminimalisir kesalahan. Buktinya lebih banyak paket sukses terkirim dibandingkan misroute.

Pesanan gagal dikirim karena rute tujuan salah. Pengiriman akan dilakukan kembali oleh jasa kirim

Tidak perlu khawatir jika terjadi misroute. Barang pasti baik-baik saja, hanya terjadi keterlambatan beberapa hari. Penyelesaian bisa dibilang mudah, berbeda dengan salah tempel label yang harus mengembalikan 2 barang tertukar.

Baca juga: Arti Parcel tertukar / salah tempel label / cross label Anteraja

Jika paket telat melebihi "Estimasi diterima sebelum", perpanjang masa garansi dan komplain ke CS Shopee agar pengiriman dimaksimalkan.

Sedangkan untuk paket hidup dan mudah busuk seperti makanan, ikan dan tanaman sebaiknya ajukan pengembalian dana. Yang seperti ini memang agak ribet kalau beli online, resiko besar di pengiriman terutama yang jarak jauh.

Berapa Lama Paket Sampai Jika Rute Tujuan Salah

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada jarak antara alamat salah dan benar. Untuk yang masih 1 provinsi mungkin cuma butuh 1-2 hari. Sedangkan yang beda pulau bisa lebih dari 3-5 hari. Estimasi waktu sama dengan pengiriman biasa.

Inilah mengapa disarankan selalu mengecek informasi pengiriman secara berkala. Ketika status menunjukkan bahwa paket dikirimkan ke rute yang salah, segera hubungi CS Shopee via Live Chat di Aplikasi.

Jelaskan baik-baik kronologi masalah, tambahkan informasi nomor pesanan/ resi SPX dan alamat yang benar. CS akan mengirimkan keluhan ke tim terkait untuk penanganan lebih lanjut. Setelah itu pengiriman dilanjutkan ke rute yang sebenarnya.

Namun kadang tidak semudah itu, barang yang terlanjur dalam perjalanan tidak bisa dihentikan kecuali sampai di DC, Hub atau lokasi transit terakhir. Butuh waktu lama untuk mengurus masalah misroute seperti ini.

Sekian artikel tentang Arti Rute Tujuan Salah Shopee Express. Kesimpulannya status ini menunjukkan bahwa pengiriman barang salah rute, SPX akan melanjutkan ke alamat tujuan yang besar. Barang akan sampai ke tangan penerima dalam 2-3 hari.

Post a Comment for "Arti Rute Tujuan Salah Shopee Express"