Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Shopee Jaringan Bermasalah, Ini Solusi dan Penyebabnya

Solusi dan Penyebab Aplikasi Shopee Jaringan Bermasalah
Ketika sedang menggunakan aplikasi Shopee, tiba-tiba muncul halaman error dengan pesan "Jaringan bermasalah. Mohon ubah ke koneksi yang tersedia". Apa artinya dan cara mengatasi?

Maksudnya aplikasi Shopee tidak dapat terhubung ke server, kemungkinan besar disebabkan koneksi internet error stabil atau tidak dapat terhubung dengan baik. Silahkan mencoba menggunakan jaringan internet lain yang lebih stabil.

Cara Mengatasi Jaringan Bermasalah di Aplikasi Shopee 

1. Ubah ke Koneksi Lain

Masalah ini biasanya muncul jika tidak ada koneksi internet. Coba beralih ke koneksi yang tersedia, seperti dari wifi ke jaringan seluler atau sebaliknya. Atau coba ganti provider internet, misalnya dari Telkomsel ke Tri.

Jika masalah tetap terjadi, sebaiknya menunggu sampai koneksi internet normal kembali. Terkadang, provider internet melakukan pemeliharaan sehingga tidak bisa terhubung internet. Biasanya, proses ini hanya berlangsung dalam beberapa jam.

Berdasarkan pengalaman netizen, ada kalanya aplikasi Shopee mengalami error ketika digunakan dengan layanan kartu A, namun berfungsi normal dengan layanan kartu B. Misal dari Axis ke Smartfren, Ooredoo ke XL dll. Cobalah minta tethering dari teman yang menggunakan ISP berbeda.

Baca juga: Cara Mengatasi Redownload Your App Shopee

Anehnya terkadang "Jaringan Bermasalah" muncul ketika koneksi internet normal. Aplikasi lain dapat terhubung internet dengan lancar, tetapi aplikasi Shopee yang tidak dapat dibuka.

Hal seperti ini terjadi karena sumber masalah ada pada aplikasi. Misal kadaluarsa, cache menumpuk ataupun ada masalah server dari sistem Shopee. Ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Jaringan Bermasalah di Aplikasi Shopee

2. Tunggu Kendala Sistem Selesai

Layanan Shopee yang error bisa disebabkan sistem sedang dalam perbaikan atau perawatan. Biasanya, update sistem dilakukan dalam beberapa jam. Cek berkala untuk mengetahui sistem sudah normal atau belum.

Untuk memastikan ada error atau tidak, coba tanya ke teman-temanmu, apakah mereka juga tidak bisa mengakses Shopee? Jika sama-sama tidak bisa terhubung internet, artinya memang ada kendala sistem. Untuk lebih pasti, silahkan bertanya ke Customer Service di Live Chat ataupun Media Sosial.

3. Update Aplikasi

Shopee sering melakukan update layanan baru, event, promosi dan kebijakan yang menarik. Jika masih menggunakan versi lama dari aplikasi, kemungkinan dapat mengalami masalah ketika mengakses fitur baru yang ditambahkan. Salah satunya tidak bisa terkoneksi internet dan muncullah "Jaringan Bermasalah."

Solusi untuk masalah ini sangat mudah. Bagi pengguna handphone Android, masuk ke Play Store > cari aplikasi Shopee > klik tombol Update. Tunggu sampai proses download selesai dan buka aplikasi kembali. 

4. Membersihkan Cache

Jurus andalan yang patut dicoba jika aplikasi Shopee loading terus, lemot hingga error adalah clear cache. Data sementara yang menumpuk dapat membuat ponsel kesulitan membuka fitur dari aplikasi lain.

Sebaiknya jangan cuma hapus cache dari Shopee saja, melainkan semua aplikasi di handphone. Setiap handphone biasanya dibekali fungsi ini, sebut saja di Xiaomi dengan Pembersih. Cukup dengan sekali klik, bergiga-giga berkas cache akan terhapus.

5. Logout x Login

Buka aplikasi Shopee > menu Saya > Pengaturan Akun > Logout, setelah itu Login kembali dan cek apakah masih muncul "Jaringan Bermasalah".

Tujuan dari logout x login agar akun terhubung ke server Shopee dengan sesi login yang terefresh. Cara kerja tidak ada bedanya dengan restart modem wifi ataupun konek diskonek jaringan internet.

Simak juga: Pembayaranmu Diblokir Karena Adanya Kejanggalan Aktivitas di Akunmu

6. Hubungi Customer Service

Jika mencoba semua solusi di atas namun masih gagal, silahkan komplain ke Customer Service via Call Center atau Live Chat.

CS kemungkinan besar akan menyarankan untuk menggunakan aplikasi Shopee paling update, jaringan dalam keadaan stabil, clear cache, coba log out serta log in kembali aplikasinya dan lakukan secara berkala.

Bilang saja sudah mencoba semua dan tambahkan screenshot error. Tunggu CS melakukan pengecekan pada akun dan ikuti petunjuk yang diberikan selanjutnya.

Pada beberapa kasus, error hanya terjadi pada aplikasi sedangkan website Shopee normal. Kalau memang ingin belanja secepatnya, silahkan buka shopee.co.id lalu bertransaksi seperti biasa. 

Kekurangan bertransaksi di website itu tidak bisa pakai Shopeepay dan ada voucher yang tidak bisa dipilih.

Sekian artikel tentang Solusi dan Penyebab Aplikasi Shopee Jaringan Bermasalah. Terbukti bahwa masalah ini lebih sering disebabkan karena tidak bisa terhubung ke Internet. Bisa teratasi dengan menggunakan koneksi internet yang lancar.

Post a Comment for "Aplikasi Shopee Jaringan Bermasalah, Ini Solusi dan Penyebabnya"