Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alamat Penerima Tidak Dapat Ditemukan

Arti Alamat Penerima Tidak Dapat Ditemukan Shopee Express
Paket akan dikembalikan ke pengirim karena Alamat penerima tidak dapat ditemukan. Apa arti status pengiriman Shopee Express ini dan yang harus dilakukan untuk mengatasi?

Bisa dibilang status yang menimbulkan banyak tanda tanya. Sudah berkali-kali mengirim pesanan dari Shopee ke alamat tersebut tapi sekarang tiba-tiba tidak ditemukan. Kecuali alamat baru, kendala ini patut dipertanyakan.

Arti Alamat Penerima Tidak Dapat Ditemukan Shopee Express

Maksudnya kurir sudah mengantar pesanan ke alamat tujuan namun alamat yang tertera di resi tidak ditemukan. Paket pun akhirnya dibawa kembali ke lokasi transit terakhir untuk selanjutnya dikirim kembali ke pengirim. 

Paket akan dikembalikan ke pengirim karena Alamat penerima tidak dapat ditemukan
Dengan teknologi peta dan gps sekarang, sangat mudah menemukan suatu alamat. Apalagi pengguna Shopee bisa menambahkan pin untuk menandai lokasi di peta pada Pengaturan Akun > Alamat Saya.

Mengingat pengiriman SPX itu hanya dari platform Shopee, seharusnya tidak ada kesalahan penulisan alamat. Stiker label resi bisa diprint langsung oleh seller setelah dapat kode booking.

Jika alamat pada stiker rusak/ terkelupas, kurir bisa cek data online via aplikasi. Kalau misroute kan ada rute tujuan salah yang pengiriman diubah ke alamat sebenarnya. 

Kurir bisa menghubungi nomor pengguna ketika sulit menemukan alamat rumahnya. Share lokasi via Whatsapp terbukti menjadi solusi terbaik.

Tentunya aneh bagi yang sebelumnya aman namun sekarang bermasalah padahal menggunakan alamat yang sama.

Cara Mengatasi Alamat Penerima Tidak Dapat Ditemukan

Penyebab paling logis dari alamat penerima tidak dapat ditemukan adalah pembeli yang salah menuliskan Nama Jalan, Gedung, No. Rumah. Selain itu juga ada kesalahan nomor telepon sehingga tidak bisa dihubungi.

Sistem Shopee memang bisa mendapatkan titik lokasi yang akurat namun maksimal sampai kecamatan. Untuk Jalan, Desa, RT dan RW harus mengisi sendiri. User Shopee harus menuliskan sedetail mungkin, tambahkan patokan agar lebih mudah dicari.

Ternyata status ini tidak khusus untuk Shopee Express, ekspedisi lain pun sama jika kurir gagal menemukan alamat. Sebut saja SiCepat Ekspress dengan (BA) Bad Address, JNE dengan Incomplete Consignee Address dan Anteraja dengan Delivery tertunda karena alamat tidak ditemukan.

Cara Mengatasi Alamat Penerima Tidak Dapat Ditemukan

Segera hubungi CS Shopee via Live Chat untuk mendapatkan penanganan cepat. Jangan sampai paket sukses terkirim hingga tangan penjual. Jelaskan kronologi masalah dan nomor resi/ pesanan untuk pengecekan.

Laporanmu akan ditangani tim terkait untuk investigasi lebih lanjut. Ikuti saja petunjuk yang diberikan selanjutnya. Semoga bisa putar balik menuju ke alamat penerima kembali namun jangan berharap banyak.

Simak juga: Arti Pesanan Gagal Dikirim Karena Cuaca Buruk

Jika barang tidak terlalu penting, lebih baik biarkan kembali ke pengirim. Pesanan akan terbatalkan otomatis setelah sampai di tangan pengirim. Pengembalian dana ke ShopeePay akan diproses dalam waktu 3 x 24 jam.

Selanjutnya tinggal beli lagi barang tersebut, kali ini pastikan pengaturan alamat 100% benar dan tambahkan patokan. Pastikan nomor handphone aktif jika status sudah sampai di "Pengantaran paket sedang dilanjutkan ke alamat tujuan".

Bagi yang trauma silahkan ganti ke ekspedisi pengiriman lainnya. Layanan Reguler lebih disarankan dibandingkan Hemat/ Ekonomis.

Pembeli hanya kehilangan waktu, tenaga dan pikiran ketika masalah ini terjadi. Sedangkan untuk pembeli ditambah rugi pengemasan kalau paket dikembalikan. Semoga pihak ekspedisi meningkatkan layanan sehingga kendala serupa tidak terulang.

Sekian artikel tentang Arti Alamat Penerima Tidak Dapat Ditemukan Shopee Express. Kejadian seperti ini terbilang langka terjadi dengan kemajuan teknologi sekarang. Kalau bukan human error pada penerima, bisa juga kurir yang salah.

Post a Comment for "Alamat Penerima Tidak Dapat Ditemukan"