Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gagal Checkout K06

Cara Mengatasi Gagal Checkout K06
Ketika ingin buat pesanan Shopee Food dengan voucher diskon kadang muncul Gagal Checkout (K06): Percobaan checkout-mu ditolak karena terdapat aktivitas janggal di akunmu. Mohon pastikan kamu mematuhi kebijakan Shopee.

Pasti sangat menjengkelkan ketika sedang lapar namun gagal memesan makanan. Apalagi ada voucher diskon luar biasa yang digunakan untuk pesanan tersebut. Apa yang menyebabkan munculnya peringatan ini dan bagaimana cara mengatasi?

Mengapa Muncul Gagal Checkout K06

Penyebabnya sudah tertera pada pemberitahuan dimana ada aktivitas mencurigakan di akun pengguna. Kemungkinan karena sistem mendeteksi adanya penyalahgunaan promo dan voucher.

Seperti kita ketahui belakangan ini banyak sekali promo yang diberikan oleh Shopee Food. Potongan harga bahkan sampai 100% untuk makanan dan masih ada potongan ongkir. Yang lebih menggiurkan, voucher diskon/ cashback dan ongkir dapat digunakan bersamaan.

Penyalahgunaan voucher dan promo dengan membuat banyak akun tentu dilarang karena menimbulkan kerugian bagi Shopee Food. Tidak heran diberlakukan deteksi kode K06 yang mencegah seseorang bermain curang.

Gagal Checkout (K06): Percobaan checkout-mu ditolak karena terdapat aktivitas janggal di akunmu. Mohon pastikan kamu mematuhi kebijakan Shopee

Gambar di atas adalah contoh betapa gilanya "bakar duit" yang dilakukan Shopee Food. Total pesanan Rp 38.900 dengan biaya pengiriman Rp 8000 dan Biaya Layanan Rp 4.000. Pembeli cuma membayar Rp 9.900 setelah dipotong diskon.

Diskon makanan sampai Rp 35.000 dengan potongan ongkir Rp 6.000. Ahli matematika pasti bingung, Shopee Food, toko dan driver dapat duit dari mana.

Diskon luar biasa inilah yang menyebabkan banyak orang yang ingin "mencurangi" sistem dengan membuat banyak akun. Yang paling sering diburu adalah voucher pengguna baru yang menawarkan diskon tertinggi.

Dampaknya ada yang bermain normal ikut kena getahnya dan dicurigai melakukan aktivitas mencurigakan.

Bagi yang tidak melakukan kecurangan namun kena K06, silahkan hubungi CS Shopee terkait masalah ini. Jangan lupa jelaskan kronologi masalah, bukti screenshot dan ikuti arahan dari CS.

Cara Mengatasi Gagal Checkout K06

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat sukses checkout Shopee Food tanpa kena K06.

Tunggu Sistem Kembali Normal

Bagi anda yang bermain apa adanya tanpa berniat curang, kemungkinan error terjadi karena kendala sistem. Bisa saja sistem terkait voucher sedang ada masalah sehingga terjadi error.

Cek berkala dalam 1x 24 jam kedepan, silahkan hubungi Customer Service untuk memastikan ada tidaknya kendala sistem.

Tidak ada salahnya melakukan tips klasik dari CS yaitu clear cache, login-logout dan update aplikasi. Setelah itu cobalah kembali untuk checkout dan buat pesanan dengan koneksi internet yang stabil.

Beli Tanpa Voucher

Gagal Checkout K06 sering terjadi karena akun pengguna terdeteksi melakukan penyalahgunaan voucher.

Cara termudah agar sukses checkout makanan di kerajang Shopee Food ya tinggal membuat pesanan tanpa voucher. Minusnya dengan metode in anda harus membayar penuh untuk makanan tanpa potongan dari voucher. 

Menggunakan Akun Lain yang 100% Bersih

Sistem Shopee tahun ini tentunya jauh lebih ketat dibandingkan tahun terdahulu. Kalau anda login 2 akun di 1 hp dengan clear cache pasti akan ketahuan. Teknik cloning aplikasi pun tidak menjamin tidak terdeteksi. Apalagi emulator android dengan PC/ Laptop yang lebih mudah terdeteksi.

Sekarang yang paling aman adalah menggunakan HP lain. Misal anda bisa pinjam hp teman atau saudara yang belum pernah beli di Shopee Food. Agar lebih aman gunakan alamat yang berbeda dengan yang sebelumnya.

Yang seperti ini tidak bisa dibilang 100% curang karena 1 orang 1 akun 1 kali voucher pengguna baru. Lumayan bisa makan bareng-bareng dari hasil berburu diskonan.

Apa yang kangtho sampaikan dalam artikel ini dikutip dari jawaban Customer Service Shopee di twitter @ShopeeID,

Hai kak, maaf atas kendala tidak bisa chekout dan muncul kode error K06. Setelah aku cek tidak ada kendala disistem Shopee. Aku bantu infoin, Percobaan checkout-mu ditolak karena terdapat aktivitas janggal di akunmu. Mohon pastikan kamu mematuhi kebijakan Shopee. Semoga membantu. Jika ada pertanyaan kembali, sapa di DM ya. Stay safe.

Dari jawaban tersebut terlihat bahwa CS yakin bahwa K06 terjadi karena aktivitas mencurigakan yang dilakukan pengguna.

Event diskon besar-besaran atau dikenal dengan "bakar duit" sering bermunculan belakangan ini. Masyarakat pun tahu bahwa promo hanya sementara dan tidak lama pasti akan hilang.

Inilah mengapa selama masih berlaku, ada banyak yang menghalalkan segala cara untuk keuntungan pribadi. Membuat banyak akun dengan voucher pengguna baru adalah metode yang paling sering digunakan.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Gagal Checkout K06. Kesimpulannya masalah ini sering disebabkan karena sistem mendeteksi penyalahgunaan promo Shopee Food. Sebaiknya patuhi Syarat & Ketentuan dari Shopee.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Gagal Checkout K06"