Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Tidak Bisa Cek Tagihan PDAM di Shopee

Kenapa Tidak Bisa Cek Tagihan PDAM di Shopee
Kadang kala pelanggan tidak bisa cek tagihan PDAM di Shopee baik itu aplikasi ataupun website. Halaman cek tagihan tidak muncul dan digantikan tulisan "produk tidak tersedia".

Pembayaran PDAM via Shopee belakangan ini diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun ada biaya admin namun nilai cashback koin ataupun diskon jauh lebih besar. Kalau diitung itung lebih hemat dibandingkan bayar langsung kantor PDAM terdekat.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Tagihan PDAM di Shopee

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa tidak bisa cek tagihan pdam di Shopee aplikasi atau situs shopee.co.id. Berikut ini alasan dan apa yang harus dilakukan oleh pelanggan.

Wilayah Tidak Tersedia

Meskipun melayani pembayaran tagihan PDAM namun ada beberapa wilayah yang belum tersedia di Shopee. Informasi wilayah akan berubah sewaktu2 sesuai kebijakan Shopee. Daftar wilayah bisa cek di artikel ini.

Bagi yang wilayahnya tidak ada di Shopee, tentu cek tagihan tidak bisa dilakukan. Jangan khawatir kedepannya kemungkinan wilayah anda pembayarannya bakal tersedia di Shopee. Cek berkala setiap awal bulan semoga sudah ada.

Tagihan Belum Tersedia

Bagi yang ingin membayar tagihan PDAM secepatnya di tanggal 1 maka kemungkinan akan menjumpai tagihan belum tersedia.

Tagihan PDAM kadang sedikit telat, bahkan lebih lambat dibandingkan tagihan Listrik PLN yang sudah bisa dibayar di tanggal 1-2.

Tak perlu menunggu lama, tagihan dari seluruh wilayah kemungkinan sudah dapat dicek dan dibayar pada tanggal 5. 

Ga masalah kan bayar tanggal 5? Toh belum dihitung terlambat hingga dikenai denda dari PDAM. Semoga saja kupon cashback koin belum habis.

Menunggu Sistem Normal

Penyebab utama dari masalah ini adalah kendala sistem. Kebanyakan pembayaran online seperti token listrik di Shopee sering error karena sistem sedang tidak online atau adanya kendala teknis lain.

Saat itu terjadi maka semua pengguna tidak bisa membayar tagihan PDAM di Shopee. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali bersabar menunggu sistem pembayaran kembali normal.

Lama proses tergantung pada kendala itu sendiri, kalau cuma perawatan/ upgrade layanan mungkin cuma beberapa jam. Silahkan cek berkala dalam waktu 1 x 24 jam kedepan.

Untuk mengetahui ada tidaknya kendala sistem, anda bisa menghubungi Customer Service baik itu via Live Chat, hotline ataupun sosial media

Cara yang lebih simpel tanyakan ke temanmu apakah Shopee mereka bisa mengecek tagihan di aplikasi Shopee. Jika dia juga tidak bisa ada kemungkinan terjadi kendala sistem, sebaliknya jika dia bisa kemungkinan ada masalah di handphonemu.

Internet yang Stabil

Jaringan internet yang buruk menyebabkan aplikasi gagal menampilkan halaman. Inilah mengapa disarankan untuk memakai jaringan yang cepat dan stabil.

Bagi yang terkoneksi jaringan mobile, refresh koneksimu dengan matikan internet dan nyalakan kembali. Cobalah membuka aplikasi Shopee untuk cek tagihan PDAM.

Hal lain yang patut dicoba adalah menggunakan jaringan dari Provider lain. Misal awalnya menjumpai error ketika memakai 3, kali ini cobalah dengan Telkomsel. Bisa juga mencoba jaringan wifi yang ada di sekitarmu.

Sering kali error itu terjadi pada provider tertentu, sedangkan diakses dengan jaringan lain ternyata normal saja. Penyebabnya adalah kendala pada jaringan penyedia jaringan internet yang anda gunakan.

Menghapus Cache

Bagi anda yang menginstall aplikasi Shopee di handphone kentang, kemungkinan memori penuh sehingga gagal mengecek tagihan PDAM. Masalah memori itu sepele namun ngeselin, dapat menyebabkan aplikasi keluar ataupun refresh sendiri.

Tak perlu pergi ke Pengaturan handphone, cukup buka aplikasi Shopee. Klik menu Saya lalu tap Pengaturan (lambang gear di atas). Scroll ke bawah hingga menemukan Informasi lalu Bersihkan Cache. Klik tombol Ya untuk Membersihkan cache?

Bagi yang memori penyimpanan hampir penuh, sebaiknya uninstall aplikasi yang jarang digunakan. Dengan begini aktivitas di aplikasi Shopee menjadi lebih lancar.

Logout lalu Login Kembali

Trik sederhana namun kadang berhasil adalah logout dan login. Tujuannya agar sesi login dari akunmu kembali direfresh dari awal. Dengan begini sistem kembali dari nol sehingga tidak terbebani sesi aktivitas.

Caranya buka Aplikasi, klik menu Saya lalu klik tombol Pengaturan. Scroll terus hingga paling bawah dan klik tombol Logout. Terakhir klik Ya saat ada peringatan Yakin untuk logout?. Setelah itu Login kembali yang ada di menu Saya dan klik tombol Login.

Gunakan Versi Aplikasi Terupdate

Aplikasi versi lama sering kali tidak cocok dengan sistem yang diupdate. Anda wajib mengupdate ke versi terbaru di Playstore untuk Android dan Appstore untuk iOS.

Setelah proses download updatean berhasil, cobalah sekali lagi untuk mengecek tagihan PDAM bulan ini. Seharusnya kali ini tagihan terbaru sudah muncul setelah memilih wilayah dan memasukkan nomor pelanggan.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Tagihan PDAM di Shopee
Apa yang kangtho tulis dalam artikel ini diambil dari jawaban Customer Service @ShopeeID di Twitter. Semoga dapat membantu teman-teman cek dan bayar tagihan PDAM tanpa pergi ke kantor terdekat.

Hi kak maaf buat kamu ga nyaman, terkait ga bisa liat tagihan pdam di Shopee. saat ini tidak ada kendala pada sistem kami. mimin saranin coba clear cache, pastiin pakai aplikasi versi terbaru, jaringan stabil, coba logout dan login kembali pada aplikasi dan coba berkala dalam 1x24 jam kedepan. jika masih berkendala bisa infoin ke mimin di DM.

Bisa disimpulkan jika ternyata masih tetap error, silahkan hubungi Customer Service untuk mengecek akunmu. Ada kemungkinan akun dibatasi aktivitas di aplikasi Shopee karena pelanggaran Syarat & Ketentuan.

Membayar di Tempat Lain

Tidak hanya di Shopee, beberapa marketplace dan layanan bank juga melayani pembayaran PDAM secara online. Metodenya tidak jauh berbeda namun jarang ada voucher cashback sebesar yang ditawarkan Shopee.

Kangtho pribadi lebih sudah bayar di kantor PDAM terdekat, alasannya hemat tidak perlu bayar biaya admin.

Bagi yang tidak tahu alamat PDAM, tinggal search saja di Google Maps dengan kata kunci "Kantor PDAM terdekat". Tinggal ikuti rute yang diberikan dan tunjukkan nomor PDAM-mu pada petugas di sana.

Sekian artikel tentang Kenapa Tidak Bisa Cek Tagihan PDAM di Shopee. Terbukti bahwa jika wilayahmu sudah disupport Shopee namun gagal dicek itu disebabkan kendala sistem. Yang harus dilakukan hanyalah menunggu hingga sistem kembali normal.

Post a Comment for "Kenapa Tidak Bisa Cek Tagihan PDAM di Shopee"