Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu First Mile Hub di Shopee Express?

Apa itu First Mile Hub di Shopee Express?
Ketika berbelanja di Shopee lalu dikirim via SPX pasti diawali dengan Paket telah sampai di First Mile Hub. Apa artinya dan berapa lama sampai rumah?

Meskipun baru di tahap awal tetapi kadang pengiriman paket stuck di status ini. Inilah mengapa akhirnya pembeli khawatir dengan keadaan barang yang tidak ada pergerakan hingga berhari-hari.

Apa itu First Mile Hub di Shopee Express

Arti First Mile Hub adalah gudang yang menyimpan paket dari kurir pick up ataupun drop off dari pengirim/ toko sebelum diteruskan ke DC/ Distribution Center untuk diproses menuju alamat tujuan pengiriman.

Sebut saja hub Sepatan, Pademangan, Baleendah, Legok, Daan Mogot, Koja, Harapan Indah, Tanjung Priok, Kalideres, Kosambi

Yang menarik istilah hub di Shopee Xpress ini muncul di awal yang bisa dibilang kantor cabang/ drop off point.

Sedangkan jasa ekspedisi lain menggunakan istilah hub untuk gudang transit/ tempat sortir yang ada di kota besar. Gudang sortir di Shopee Xpress sebelum dikirim ke kota lain disebut Distribution Center/ DC.

Sedangkan First Mile jika diartikan dari bahasa Inggris ke Indonesia maksudnya mil pertama. Dalam dunia ecommerce merupakan proses dimana barang diambil dari penjual/ toko yang kemudian dikirim ke gudang ekspedisi. Selanjutnya diteruskan pengiriman ke konsumen akhir yaitu pembeli.

First Mile adalah bagian awal dari chain supply milestone yang dilanjutkan Mid mile dan Last mile. Istilah ini bukan khusus untuk pengiriman dengan Shopee Xpress namun pengiriman logistik lainnya.

Misal dalam distribusi barang pabrik, first mile adalah perjalanan produk hasil pabrik menuju gudang/ pusat distribusi. Untuk distribusi hasil pertanian, first mile bisa diartikan sebagai perjalanan dari sawah menuju pasar grosir.

Kenapa Stuck di Paket Telah Sampai di First Mile Hub?

Kenapa Stuck di Paket Telah Sampai di First Mile Hub?
Pengiriman yang tidak bergerak dari First Mile Hub menunjukkan bahwa paket masih digudang hub dan belum dikirimkan ke gudang sortir. Penyebab stuck kemungkinan adanya kendala operasional ataupun cuaca buruk.

Hub cabang dan gudang sortir pertama itu ada di satu kota jadi perjalanan tidak membutuhkan waktu lama.

Kalau siang pickup normalnya malam hari sudah sampai di gudang sortir yang selanjutnya dikirim ke area pengiriman sesuai resi. Statuspun berubah menjadi Paket telah dikirim dari hub dan tak lama jadi Paket telah sampai di gudang sortir DC.

Komplain ke Customer Service Shopee ataupun SPX pasti disuruh untuk menunggu hingga batas estimasi pengiriman.

Lebih baik hubungi penjual dan minta beliau bertanya pada kurir pickup mengapa paket tidak bergerak. Biasanya seorang pedagang/ pengirim itu memiliki nomor kurir Shopee Express yang datang ambil barang.

Status ini diawali Paket telah diserahkan ke kurir. Artinya kemungkinan paket masih ada di kecamatan dari penjual/ toko. Semoga anda bisa mendapatkan kejelasan tentang kondisi barang dan pengiriman dapat berlanjut seperti biasanya.

Shopee Xpress menawarkan pengiriman yang cepat dan murah namun sayang area cangkupan layanan belum luas. Sering kali paket dioper ke jasa ekspedisi pihak ketiga yaitu SiCepat Ekspress. Inilah mengapa di daerah meskipun resi SPX namun yang sampai rumah itu kurir SiCepat.

Baca juga: Kenapa Shopee Express Dialihkan ke Sicepat

Sekian artikel tentang Apa itu First Mile Hub di Shopee Express. Kesimpulannya istilah ini menunjukkan perjalanan paket menempuh 1 mil pertama dari pick up di Penjual. Paket masih ada di gudang yang bisa dibilang drop off point Shopee terdekat.

Post a Comment for "Apa itu First Mile Hub di Shopee Express?"