Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Pengirim Telah Mengatur Pengiriman di Shopee

Arti Pengirim Telah Mengatur Pengiriman di Shopee
Informasi pengiriman di Shopee pasti diawali dengan "Pengirim telah mengatur pengiriman. Menunggu paket diserahkan ke pihak jasa kirim". Apa artinya dan apa yang harus dilakukan jika status tidak berubah?

Sebagian besar pembeli pasti cuek dengan status ini. Namun bagi yang stuck pasti bingung mengapa tidak ada pergerakan dalam proses pengiriman. Ditakutkan terjadi sesuatu dengan paket yang sudah dipesan di toko Shopee.

Apa itu Pengirim Telah Mengatur Pengiriman

Pengirim telah mengatur pengiriman. Menunggu paket diserahkan ke pihak jasa kirim
Artinya toko/ pengirim sudah menerima pesanan dari pembeli dan klik tombol "Atur Pengiriman". Setelah itu penjual mencetak label pengiriman untuk ditempelkan di kemasan paket. Terakhir tinggal menunggu kurir pick up ke rumah atau penjual yang drop off di gerai.

Dulunya sistem Shopee memakai istilah "Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda" namun di tahun 2023 ini berubah menjadi seperti sekarang.

Alur dari Mengatur Pengiriman telah dijelaskan di Pusat Edukasi Penjual. Berikut adalah tahapannya untuk pilihan Drof Off ke gerai terdekat.

  1. Pemesanan dilakukan oleh Pembeli melalui aplikasi atau situs Shopee.
  2. Penjual melakukan pengecekan pada pesanan agar dapat diproses.
  3. Penjual mengatur opsi pengiriman di Seller Centre atau aplikasi Shopee.
  4. Penjual mengemas produk dan mencetak resi.
  5. Penjual mengantarkan paket ke counter jasa kirim (drop off) untuk dikirimkan.
  6. Produk dikirimkan ke Pembeli.
  7. Sampai ditangan pembeli

Status Pengirim telah mengatur pengiriman. Menunggu paket diserahkan ke pihak jasa kirim, muncul setelah penjual menyelesaikan langkah 3. Saat pengiriman selesai diatur maka pembeli sudah tidak bisa mengganti Opsi Pengiriman.

Informasi pengiriman akan berubah saat sampai di langkah 6 dimana paket sudah diterima pihak jasa ekspedisi untuk diteruskan ke tujuan berikutnya. Hal ini ditandai dengan status Paket telah diserahkan kepada kurir atau Paket telah diterima oleh dropoff point.

Jujur kecewa dengan aturan Shopee terkait pilihan kurir tak sefleksibel dulu. Sekarang cuma ada pilihan Ekonomis, Reguler, Kargo dsb bukan lagi SiCepat, Anteraja, JNE, Pos Indonesia, J&T atau Shopee Xpress.

Satu-satunya cara ganti kurir di Shopee itu cuma setelah memesan dan sebelum penjual klik tombol Atur Pengiriman. Kesempatan ganti cuma sekali, setelah itu sudah tidak diiijinkan. Pilihan sesuai dengan yang disiapkan oleh penjual.

Kenapa Paket Stuck di Pengirim Telah Mengatur Pengiriman di Shopee

Ada beberapa kemungkinan mengapa stuck di status ini dan tidak ada pergerakan pengiriman sama sekali.

1. Penjual Masih Mengemas Barang

Pengemasan barang non Pre-Order untuk layanan Instant, Same Day dan Next Day itu 1 hari kerja. Untuk pilihan layanan lain bisa 2 hari kerja. Untuk produk Pre-Order mulai dari 7 - 30 hari. Akhir pekan dan hari libur nasional tidak dihitung.

Kalau informasi pengiriman tidak bergerak dari Pengirim telah mengatur pengiriman, ada kemungkinan penjual masih proses mengemas barang.

Bisa karena toko sedang ramai pembeli sehingga semua harus dikemas terlebih dahulu. Biasanya jika beli pagi/ siang, barang akan dikirim pada hari itu juga meskipun malam hari. Namun untuk pembelian malam hari, kemungkinan besar dikirim pada keesokan harinya.

Ceklah kapan terakhir penjual online di aplikasi, silahkan chat dan tanyakan perihal pengiriman jika penjual terakhir online sekitar beberapa jam yang lalu. Kalau tidak online berhari-hari sebaiknya batalkan saja dan pilih toko lain yang lebih aktif.

2. Kurir Tak Kunjung Pick Up

Untuk opsi pengiriman Pick Up, penjual akan mengatur waktu penjemputan paket ke alamat toko. Banyak kasus barang stuck tidak segera dikirim karena kurir tidak datang sesuai jadwal pick up. Hal ini bisa disebabkan cuaca hujan deras atau ada kendala operasional.

3. Penjual Salah Mengatur Pengiriman

Salah satu problem yang sering muncul sejak akhir 2022, penjual salah mengatur metode pengiriman barang. Dia memilih Drop Off namun dikira pilih Pick Up. Ditunggu hingga batas waktu pun si kurir tidak akan datang.

Perlu diingat jika memilih Drop Off, pengirim harus membawa barang menuju gerai terdekat. Sedangkan Pick Up itu kurir akan menjemput pesanan ke alamat pengiriman.

Untuk memastikan, silahkan bertanya ke Seller ataupun Customer Service dari kurir terkait. Sebutkan nomor pesanan/ resi agar dicek terlebih dahulu. Kalau memang pilih Drop Off, pihak pengiriman segera mengirim ke gerai.

4. Ada Masalah di Kode Booking

Problem ini hanya diketahui oleh penjual dan jarang ada pembeli yang memahami. Ketika klik tombol Atur Pengiriman maka otomatis sistem akan memberikan kode booking. Prosesnya hanya butuh hitungan detik namun kadang stuck ditandai tulisan "Kode Booking Sedang Dibuat". 

Dampaknya penjual tidak bisa cetak label pengiriman yang ditempel di kemasan paket. Selain itu penjual juga tidak bisa mengirimkan paket ke jasa ekspedisi karena tidak memiliki deretan kode booking.

Stuck bisa disebabkan karena kendala sistem dan akan normal kembali dalam hitungan jam. Lebih dari 1 x 24 jam seharusnya penjuallah yang menghubungi pembeli lebih dulu.

Sebagai pembeli silahkan chat penjual dan tanyakan mengapa tidak segera mengirimkan barang. Kalau alasannya karena stuck di Kode Booking sedang dibuat, tinggal batalkan saja dan beli ulang barang tsb di toko yang sama.

Sekian artikel tentang Arti Pengirim Telah Mengatur Pengiriman di Shopee. Terbukti status ini menunjukkan bahwa penjual telah mengatur jasa ekspedisi yang akan digunakan. Sistem akan memberikan Kode Booking, penjual tinggal cetak label pengiriman dan mengemas paket. Terakhir tinggal menyerahkan ke kurir untuk diteruskan ke pembeli.

Post a Comment for "Arti Pengirim Telah Mengatur Pengiriman di Shopee"