Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Departed From Transit Gateway Jakarta

Kadang ketika mengirim barang dengan JNE Express dari kota Jakarta, pengiriman stuck di departed from transit gateway Jakarta. Apa artinya dan berapa lama barang akan sampai di tangan penerima?

Kasus seperti ini bisa terjadi pada kalian yang kirim barang langsung ataupun berbelanja via marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Tak hanya di Jakarta namun juga bisa terjadi di kota lain seperti Surabaya, Medan dll.

Apa Arti Departed From Transit Gateway Jakarta

Maksudnya barang telah berangkat dari transit yang ada di Jakarta menuju tujuan berikutnya sesuai dengan alamat calon penerima. Lama waktu pengiriman tergantung jarak dari kota Jakarta ke kota Tujuan, jenis layanan dan transportasi yang digunakan.

Transit Gateway bisa dibilang sebagai gudang transit milik JNE yang menampung barang sebelum diteruskan ke kota selanjutnya. Biasanya ada di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung dll.

Penulisannya seperti ini [SUB GATEWAY,SGD] untuk gateway di Sidoarjo/ Surabaya, [GATEWAY, JAKARTA] untuk Jakarta ataupun [MES, HUB TRANSIT] untuk Medan.

Tidak semua pengiriman JNE melewati transit gateway, ada juga yang langsung SHIPMENT FORWARDED FROM TRANSIT CITY TO DESTINATION CITY.

Arti Departed From Transit Gateway Jakarta
Pengiriman yang melalui transit gateway biasanya menuju kota tujuan yang jaraknya jauh. Fungsinya sama dengan Line Haul Udara/ Darat dari jasa ekspedisi SiCepat Ekspress.

Ada banyak sebutan lain untuk status ini namun artinya sama dari ekspedisi/ marketplace lain. Sebut saja "Paket Anda Telah Dikirim dari Fasilitas Logistik Menuju Hub Tujuan" dari Lazada, "Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir" dari Shopee dll.

Berapa Lama Departed From Transit

Semua tergantung jarak dari kota asal ke kota tujuan selanjutnya. Misalnya dari Jakarta ke Surabaya, kemungkinan hanya butuh waktu kurang dari 1x24 jam. Sedangkan ke luar pulau seperti Tangerang ke Balikpapan bisa lebih dari 3-7 hari via darat atau 1 hari jika via udara.

Waktu pengiriman juga bisa molor melebihi estimasi kalau ada masalah operasional, cuaca buruk, jalan rusak atau force majeure.

Sayangnya sistem tracking dari JNE Express tidak menginformasikan barang dikirim melalui jalur darat atau udara. Kita jadi sulit memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Pengiriman keluar pulau pasti lebih lama kalau lewat jalur darat karena harus transit menyebrang laut dengan kapal. Sialnya paket ekonomis yang ditawarkan matketplace itu biasanya via darat.

Kalau paketmu stuck di status "departed from transit" hingga berhari-hari, sebaiknya tunggu hingga batas waktu estimasi pengiriman. Protes terlalu dini itu percuma karena pasti disuruh menunggu dulu.

Lebih dari estimasi, segera hubungi CS JNE Express via hotline, email atau sosial media. Cukup sebutkan nomor resi dan kronologi masalahmu. Ikuti arahan dari CS dan tunggu sebentar agar komplain diteruskan ke pihak terkait.

Ambil paket sendiri jelas tidak bisa dilakukan karena posisi barang tidak di gudang melainkan masih dalam perjalanan. Tak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu dan tracking nomor resi secara berkala. Semoga ada perubahan status meskipun pengiriman telat.

Pengalaman Stuck di Departed From Transit

Berikut ini adalah pengalaman netizen terkait masalah status pengiriman tidak bergerak dari departed from transit. 

Berapa Lama Departed From Transit

Masalahnya cukup berat karena stuck dalam waktu lama dan melebihi waktu estimasi 16 hari. Pengiriman dari Yogjakarta ke Belitung (Tanjung Pandan) dengan paket JNE Trucking/ JTR (bisa cek gambar tracking di atas).

Jawaban pertama setelah pelanggan komplain karena stuck seminggu di [Gateway, Jakarta].

Malam kak, admin cek no resi tsb sedang diteruskan ke kota tujuan dan masih estimasi 14-16 hari kak. Mohon ditunggu sesuai estimasinya dahulu ya kak, admin harap paketnya segera diterima ya kak, jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, mohon konfirmasi kembali ke media social kami di twitter : @JNECare . Untuk cek kiriman bisa langsung di http://bit.ly/trackingandtracejne. Trims.

Pelanggan super sabar dan menunggu hingga 16 hari setelah pengiriman lalu komplain kembali.

Pagi kak, mohon maaf atas ketidaknyamanannya, mimin cek paketnya dalam proses penerusan ke kota tujuan. Mohon infokan via DM data tambahan no tlp alternatif lain penerimanya, status kakak sbg pengirim / penerima, dan alamat email kakak sbg pelapor. Laporannya sudah mimin sampaikan ke pihak terkait. Mohon ditunggu prosesnya maksimal 4 hari. Untuk paket tetap diupayakan segera ya kak. Thanks ^Caca

Hasilnya kurang lebih 4 hari setelah pelaporan, status berubah menjadi RECEIVED AT WAREHOUSE. Tak lama setelah itu barang dikirimkan langsung ke penerima.

JNE bisa dibilang sebagai jasa ekspedisi tua yang sudah memiliki sub agen/ perwakilan di seluruh Indonesia. Kirim barang pasti aman sampai tujuan meskipun kadang telat. Kalaupun ada masalah bisa diselesaikan dengan cepat.

Sekian artikel tentang Arti Departed From Transit Gateway Jakarta. Kesimpulannya status ini menunjukkan bahwa barang telah meninggalkan transit gateway yang ada di Jakarta. Berapa lama barang sampai kota tujuan tergantung jarak dan jenis transportasi.

Post a Comment for "Arti Departed From Transit Gateway Jakarta"