Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Nomor Kurir ID Express

Cara Mengetahui Nomor Kurir ID Express
Banyak orang yang mencari cara mengetahui nomor kurir ID Express. Tujuannya untuk bertanya via whatsapp atau telepon terkait pengiriman paket yang telat.

Seperti kita ketahui belakangan ini banyak kasus pengiriman ID Express tidak bergerak padahal sudah dibawa kurir. Calon penerima barang pun bingung dan ingin mendapatakan penjelasan dari pihak ID Express.

Cara Mengetahui Nomor Kurir ID Express

Sayang sekali belum tersedia cara untuk mencari nomor WA atau Telepon dari kurir yang membawa paket kita. Melacak via aplikasi iDExpress Customer dan website official yang ada hanyalah nama kurir saja.

Yang cukup menarik adalah bukti pengiriman setelah barang diterima yang ada di Shopee. Terkadang ada kurir yang menambahkan nomor Whatsapp di foto bukti (cek gambar di bawah ini).

Cara Menghubungi Kurir ID Express

Nah bagaimana jika paket belum sampai di tangan penerima? Solusi terbaik untuk awal tahun 2022 ini yaitu mencari via google maps.

Kalian bisa cari kantor ID Express terdekat dari lokasimu. Setiap perwakilan/ mitra yang di daerah pasti menandai lokasi TH/ MH lengkap dengan jam buka dan nomor telepon.

  1. Silahkan search di google dengan kata kunci "nomor telepon kantor iD Express terdekat". Hasilnya seperti ditunjukkan pada gambar, terlihat deretan kantor/ gudang iD Express yang ada di sekitar tempat tinggalmu. 
    Cara Melacak Nomor Kurir ID Express di Google Maps

  2. Catat nomor telepon dari kantor dimana paketmu terakhir berada. Misalnya yang tinggal daerah Madiun, saat melacak resi pasti terakhir ada di TH Madiun.
  3. Hubungi bisa melalui panggilan telepon ataupun Whatsapp. Tanyakan posisi barang berdasarkan resi, jika masih ada di kantor maka bisa janjian ambil sendiri. Namun jika sudah dibawa kurir, silahkan minta nomor WA kurir ID Express yang membawa barang.

Oh iya jika kurir menghubungimu lebih dulu (biasanya via Whatsapp), sebaiknya simpan nomor tersebut atau setidaknya jangan dihapus pesannya. Kalau sewaktu-waktu ada masalah terkait pengiriman, kalian bisa bertanya pada kurir via nomor tersebut.

Bagi yang sering memilih pengiriman dengan iDExpress juga bisa meminta nomor HP pada kurir yang datang ke rumah. Biasanya beliau jugalah yang mengirimkan kembali, kecuali ada pergantian kurir.

Cara Menghubungi Kurir ID Express

Setelah memperoleh nomor handphone, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau ingin bertanya pada kurir.

1. Hubungi pada Jam Kerja

Jam kerja kantor ID Express itu Senin - Minggu dari jam 08.00 - 21.00. Proses pengiriman tetap dilakukan pada Minggu bahkan hari libur Nasional.

Kadang ada agen/ perwakilan di daerah yang sudah tutup sebelum maghrib. Namun ada juga kurir ID Express sampai jam 21.00 - 22.00 masih mengirimkan paket. Biasanya yang lembur itu daerah kota dan sempat ada kendala seperti hujan sehingga pengiriman telat.

Baca juga: Apa Arti JNE Force Majeure?

2. Hubungi via Whatsapp

Nomor dari kurir pasti terdaftar di Whatsapp, aplikasi chat satu ini sangat membantu berkomunikasi. Yang paling berguna tentu saja fitur share lokasi yang mempermudah memberi alamat atau janjian COD di jalan.

Perlu diingat bahwa kurir itu bukan customer service yang selalu standby di depan handphone. Mereka sering slow respon dan ditelepon pun tidak angkat.

Sebaiknya pertama kirimkan pesan singkat atau voice note. Setelah ada balasan dan status kurir sedang online, lanjutkan dengan menelpon agar lebih jelas.

3. Sopan Santun

Meskipun kesal karena pengiriman terlambat, jangan buru-buru ngegas di awal telepon. Sesuai kalimat "anda sopan kami segan", dengan pembicaraan sopan santun pasti semua bisa clear dengan cepat dan mudah.

Sekian artikel tentang Cara Mengetahui Nomor Kurir ID Express. Terbukti hingga hari belum ada informasi baik itu melacak via website atau aplikasi official. Harapan satu-satunya hanya data yang ditambahkan agen di google maps.

Post a Comment for " Cara Mengetahui Nomor Kurir ID Express"