Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Paket Anda Telah Dikirim dari Fasilitas Logistik

Arti Paket Anda Telah Dikirim dari Fasilitas Logistik
Ketika menggunakan jasa LEX ID, NinjaVanID atau lainnya di Lazada pasti menjumpai istilah Fasilitas Logistik. Apa itu arti paket anda telah dikirim dari fasilitas logistik menuju hub tujuan?

Hal ini sering ditanyakan oleh pelanggan yang mengalami pengiriman Lazada tidak bergerak. Entah mengapa status tidak berubah hingga lebih dari 1x 24 jam. Siapa saja pasti bingung serta khawatir dengan kondisi paket.

Arti Fasilitas Logistik di Lazada

Fasilitas logistik adalah gudang yang dimiliki oleh jasa pengiriman barang misal LEX ID (Lazada eLogistics Express Indonesia) atau Ninja Van ID. Berfungsi sebagai tempat pendataan, sortir dan penyimpanan barang sebelum dikirim ke tujuan selanjutnya.

Arti Fasilitas Logistik di Lazada
Biasanya tersebar di kota besar yang menjadi tempat berkumpulnya paket yang dikirim dari cabang/ perwakilan daerah.

Barang yang telah masuk ke fasilitas logistik akan disortir sebelum dikirim menuju hub tujuan berdasarkan area pengantaran selanjutnya.

Mungkin teman-teman lebih familiar dengan istilah gudang transit, hub, MH ataupun tempat sortir. Setiap jasa ekspedisi menggunakan nama berbeda untuk menyebut tempat ini namun fungsinya sama saja.

Lazada menseragamkan istilah ini menjadi Fasilitas Logistik, sedangkan Shopee memakai istilah tempat sortir. Kangtho sudah membahasnya di artikel Arti paket telah dikirim dari tempat sortir Shopee.

Paket Anda Telah Masuk ke Fasilitas Logistik

Artinya paket yang dipickup oleh mitra logistrik/ jasa pengiriman sudah berada di fasilitas logistik. Barang akan menjalani pendataan dan sortir sebelum dikirim ke hub tujuan di kota selanjutnya.

Oh iya pengiriman barang yang dibeli melalui Lazada kadang melewati proses Masuk ke Fasilitas Logistik lebih dari sekali. Tergantung berapa kali transit ke Hub sebelum nanti paket keluar gudang dan akan dikirimkan ke alamat penerima.

Kalau pengiriman Lazada stuck disini, kemungkinan proses sortir belum kelar karena barang masuk yang overload.

Yang seperti ini sering terjadi ketika ada promo besar-besaran sehingga banyak orang belanja online. Sebut saja ketika ada Harbolnas, promo tanggal kembar atau ulang tahun Lazada.

Normalnya proses sortir tidak lebih dari 1 x 24 jam. Lebih dari itu sebaiknya bertanya ke Customer Service Lazada agar proses dimaksimalkan.

Bagi yang dekat bisa langsung datangi saja kantor LEX ID dimana barang berada. Caranya cek status pengiriman terutama bagian Hub misalnya gambar di bawah ini,

Pada gambar terlihat bahwa barangmu saat ini ada di LEX ID [Kab.BANDUNG]. Kalian tinggal search di google maps untuk mencari alamat. Terakhir tinggal gunakan panduan rute untuk menuju lokasi.

Satu hal yang menarik, kebanyakan kantor LEX ID di google maps tidak mencantumkan nomor telepon. Sayang sekali padahal informasi ini sangat penting bagi calon penerima yang lokasinya jauh.

Paket Anda Telah Dikirim dari Fasilitas Logistik Menuju Hub Tujuan

Artinya paket dalam perjalanan menuju Hub selanjutnya berdasarkan area pengantaran sesuai alamat penerima. Lama tidaknya tergantung pada jarak antar Hub dan jenis transportasi yang digunakan.

Banyak sekali pelanggan yang mengeluh stuck di status ini hingga berhari-hari bahkan hitungan minggu. Paling sering terjadi pada pengiriman antar pulau, sebut saja dari Jakarta ke Balikpapan.

Kasusnya mirip dengan status out sicepat, bedanya di Sicepat disebutkan jenis transportasi dengan Line Haul Darat atau Udara. Pengiriman antar pulau via Darat butuh waktu lama karena harus transit naik kapal laut dulu. Ketika ini terjadi status pengiriman tak berubah hingga 5-7 hari lebih.

Tak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu. Menjemput langsung jelas tidak bisa karena paket dalam perjalanan. Bertanya ke Customer Service pasti disuruh menunggu hingga batas waktu pengiriman.

Alamat Fasilitas Logistik

Saat ini Expedisi LEX ID sudah memiliki puluhan Fasilitas Logistik yang tersebar di kota besar di Indonesia. Dari semua ada beberapa yang paling sering dicari oleh pelanggan.

  • Bogor LEX-ID-BGR: Jl. Raya Pemda No.3, Pasir Jambu, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710
  • Malang LEX-ID-MLG: Jl. Sunandar Priyo Sudarmo No.12, Raung Deres, Blimbing, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65125
  • Jogja LEX-ID-JOG: 784X+PHJ, Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta
  • Ciledug LEX ID CLD: Jl. Raden Saleh No.36a, RT.004/RW.002, Karang Mulya, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten 15157
  • Kebon Jeruk LEX-ID-KJR: Jl. Panjang Kp. Baru No.30, RW.3, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560

Satu hal yang menyulitkan mencari alamat fasilitas logistik di google maps adalah penamaan yang tidak seragam. Ada yang menandai dengan nama LEX ID, Lazada Express, LEL Express, Drop Point Lazada dll.

Sekian artikel tentang Arti Paket Anda Telah Dikirim dari Fasilitas Logistik. Kesimpulannya tempat ini sama saja dengan tempat sortir yang disebutkan dalam status pengiriman Shopee. Fungsinya sebagai gudang transit sebelum barang dikirimkan ke tujuan selanjutnya.

Post a Comment for "Arti Paket Anda Telah Dikirim dari Fasilitas Logistik"