Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Pengiriman Anteraja Shopee dan Tokopedia

Berapa Lama Pengiriman Anteraja Shopee dan Tokopedia
Banyak yang bertanya "Berapa lama pengiriman Anteraja Shopee atau Tokopedia?". Mereka masih ragu dengan kinerja dari jasa ekspedisi baru dengan ciri khas warna Magenta ini.

Ekspedisi Anteraja belakangan ini sering digunakan masyarakat. Pelanggan baru meningkat pesat berkat kerja sama free ongkir dengan marketplace.

Sebagian besar pembeli "terpaksa" menggunakan Anteraja karena tidak bisa memilih kurir saat checkout. Ada juga yang coba-coba tertarik dengan biaya pengiriman yang tergolong murah dibandingkan ekspedisi lain.

Berapa Lama Pengiriman Anteraja

Yang menentukan estimasi waktu pengiriman adalah jenis layanan yang digunakan dan jarak antara lokasi penjual - pembeli.

Ada tiga jenis layanan Anteraja yang bisa dipilih,

  • Same Day. Layanan ini menawarkan pengiriman super cepat, paket akan datang sebelum ganti tanggal. Anteraja menjanjikan waktu maksimal 8 jam dari pick up pasti sampai di alamat tujuan. Sayang layanan ini hanya ada di Jabodetabek dengan biaya mulai dari Rp.13.500.
  • Next Day. Layanan ini menjanjikan barang akan sampai di tujuan pada keesokan harinya. Sayang belum tersedia di semua wilayah, hanya Jabodetabek dan Jawa Barat dengan biaya mulai dari Rp.8.000.
  • Reguler: Layanan standar dari Anteraja yang bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Biaya paling murah dibandingkan layanan lain, ongkos kirim mulai dari Rp.5.000 saja.

Dari layanan pengiriman di atas, yang paling sering digunakan di marketplace Shopee dan Tokopedia adalah Reguler. Sedangkan untuk Same dan Next Day terbatas hanya untuk Jabodetabek saja.

Informasi di website yang menunjukkan waktu pengiriman 0 hari untuk Same Day, 1 hari untuk Next Day dan 1-2 hari untuk Reguler itu untuk antar wilayah Jabodetabek.

Estimasi pengiriman Anteraja dapat kalian cek melalui halaman Cek Ongkir Kamu. Caranya cukup Origin (Asal) dan Destination (Tujuan) dengan format Kecamatan, Kota dan Provinsi.

Misalnya kalian dari Jakarta Utara ke Bogor lalu klik tombol Cek Ongkir. Hasilnya muncul informasi ongkir per kg dan estimasi pengiriman dari 3 layanan berbeda.

Kenapa Status Pengiriman Anteraja Tidak Berubah

Contoh lain misalnya dari Jakarta Pusat ke Surabaya. Hanya tersedia layanan Reguler dengan ongkir Rp.19.000/ kg dan estimasi 2-4 hari.

Sedangkan untuk luar pulau misal Tangerang ke Lombok ternyata juga butuh 2-4 karena akses jalur udara yang lancar. 

Yang lama itu jika alamat asal dan tujuan berada jauh dari kota besar yang butuh waktu lebih dari 5-9 hari. Apalagi kalau pengiriman lewat darat yang dilanjutkan kapal untuk menyebrang lautan.

Beruntungnya sebagian besar toko di marketplace Shopee/ Tokopedia itu di Jabodetabek jadi pengiriman ke Hub/ gudang transit lebih cepat.

Perlu diingat waktu estimasi dihitung sejak barang dipick up oleh SATRIA, tidak termasuk waktu pengemasan dan jadwal pick up. Kalau paket gagal dipick up berarti waktu pengiriman Anteraja di  makin lama.

Kenapa Status Pengiriman Anteraja Tidak Berubah

Sering kali pengiriman dengan jasa Anteraja tidak bergerak yang menyebabkan pengiriman melebihi waktu estimasi. Saat ini terjadi calon penerima pasti was was ada sesuatu yang terjadi pada paketnya.

Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan masalah ini,

1. Masih Dalam Perjalanan

Misalnya pengiriman dari Jakarta ke Surabaya, ternyata stuck lebih dari 2 hari setelah paket keluar Hub Jakarta. 

Yang seperti ini sering terjadi karena paket masih diperjalanan. Status tidak akan berubah kecuali nanti telah sampai di tujuan yaitu Hub Surabaya. Lama tidaknya tergantung jarak antar Hub.

Pengiriman antar Hub/ Gudang Transit biasanya lama ditandai status Parcel keluar dari Hub (proses transit) atau Parcel menuju ke Hub. 

Sedangkan pengiriman SS ke Hub atau sebaliknya seharusnya lebih cepat ditandai Parcel Sedang Menuju Staging dan Parcel sudah tiba di SS untuk menuju ke hub.

Penerima tak perlu khawatir karena pengiriman tetap berlangsung meskipun status resi tidak ada perubahan. Tunggu saja hingga batas estimasi, lebih dari itu segera menghubungi Customer Service Anteraja.

2. Masih Disortir

Setiap barang yang masuk ke gudang pasti akan melewati proses penyortiran. Lama tidaknya tergantung pada jumlah barang.

Saat Harbolnas, promo tanggal kembar ataupun ulang tahun marketplace pasti overload. Stuck biasanya ditandai dengan Parcel sedang diproses di Hub. Status tidak akan berubah sampai nanti siap keluar Hub.

Sebaiknya teman-teman bersabar menunggu hingga batas estimasi. Lebih dari itu sebaiknya komplain ke Customer Service Anteraja agar dilanjutkan ke tim terkait. Mudah-mudahan tidak ada barang hilang, rusak atau masalah lain.

3. Masalah Lain

Selain itu masih banyak masalah lain seperti kendala operasional, bencana alam, misroute, criss cross, salah sortir yang menyebabkan pengiriman barang lebih lama.

Sekian artikel tentang Berapa Lama Pengiriman Anteraja Shopee dan Tokopedia. Kesimpulannya waktu estimasi ditentukan oleh jenis layanan dan jarak pengirim - penerima. Kita sebaiknya bersabar hingga batas waktu sebelum komplain ke CS.

Post a Comment for "Berapa Lama Pengiriman Anteraja Shopee dan Tokopedia"