Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paket Dinyatakan Hilang oleh Pihak Logistik

Paket Dinyatakan Hilang oleh Pihak Logistik Shopee
Salah satu masalah terberat yang muncul dalam pengiriman adalah Paket Dinyatakan Hilang oleh Pihak Logistik. Status ini munculnya di pelacakan pesanan Shopee.

Biasanya diawali dengan pengiriman yang stuck/ tidak ada perubahan beberapa hari hingga minggu. Bukan bergerak ke tujuan selanjutnya namun ternyata barang malah hilang/ lost. Apa yang harus dilakukan oleh pembeli dan penjual?

Paket Dinyatakan Hilang oleh Pihak Logistik

Jika muncul status ini, kemungkinan besar barang sudah hilang dan tidak akan kembali. Yang bisa dilakukan hanya mengajukan ganti rugi atas barang yang hilang ke pihak Logistik. Sebelum itu kita pahami proses pengajuan.

  1. Penjual dan Pembeli dapat berdiskusi melalui chat yang disediakan Shopee untuk menentukan siapa yang mengklaim ke jasa ekspedisi.
  2. Jika tidak ada kata sepakat atau tidak bisa dihubungi, Penjual dapat meminta bantuan Shopee untuk menengahi.
  3. Shopee punya wewenang untuk menentukan langkah berikutnya.
  4. Keputusan dari Shopee bersifat bulat dan tidak dapat diganggu.
  5. Penjual disarankan untuk mengasuransikan setiap produk yang dikirim.

Perlu diingat setiap jasa ekspedisi memiliki kebijakan tersendiri atas berapa nilai dana yang bisa dicairkan sebagai ganti rugi. Menurut Kangtho lebih baik langsung hubungi CS Shopee untuk mendapatkan langkah tepat dan cepat.

Shopee Express

Klaim paket yang hilang bisa dilakukan melalui Shopee. Ganti rugi yang diberikan sesuai dengan harga barang. Pengajuan penggantian paling lambat 7 hari setelah status terkirim.

JNE Express

Proses pengajuan hanya bisa dilakukan oleh pihak Penjual. Nominal ganti rugi dengan Asuransi sesuai dengan harga barang. Jika tanpa asuransi hanya 10x Ongkos Kirim atau senilai harga barang (mana yang lebih rendah). Berlaku untuk layanan JNE REG, YES dan Trucking.

J&T Express

Penggantian barang dengan Asuransi sesuai dengan harga beli barang. Jika non asuransi maksimal hanya 10x Ongkos Kirim atau senilai barang (tergantung nominal terendah). Proses pengajuan ganti rugi melalui Shopee.

Pos Indonesia

Masih mengunakan ketentuan dengan dan tanpa Asuransi. Untuk barang berasuransi akan dapat ganti rugi sesuai harga barang. Jika tanpa asuransi hanya 10x ongkos kirim atau sesuai harga barang (mana yang lebih rendah). Hanya berlaku untuk layanan Pos Kilat.

SiCepat Ekspres

Ada perbedaaan nominal yang akan diberikan tergantung jenis layanan. REG akan mendapatkan Rp.500.000/ kg dengan batas Rp.200.000 untuk bobot <0,5 kg dan maks Rp. 2.500.000 untuk bobot >0,5 kg. Untuk Halu dengan Rp.400.000/kg maksimal Rp.2.000.000 sedangkan Gokil hanya Rp.200.000/ kg maksimal Rp.1.000.000.

Pengalaman Netizen Paket Dinyatakan Hilang oleh Pihak Logistik

Anteraja

Ganti rugi yang diberikan untuk paket yang hilang adalah 10x ongkos kirim atau senilai harga barang (tergantung yang lebih rendah).

ID Express

Jika diasuransikan akan mendapatkan ganti rugi senilai harga barang. Tanpa asuransi akan mendapatkan 10x ongkir atau senilai barang yang maksimal Rp.1.000.000 (tergantung yang lebih rendah).

Dari ketentuan di atas terlihat bahwa ganti rugi yang diberikan kadang jauh di bawah harga asli. Inilah mengapa penjual disarankan selalu mengasuransikan barang meskipun pembeli tidak meminta. Terutama yang menjual barang mahal, gunakan jasa ekspedisi yang menyediakan asuransi full.

Agar pengajuan kalian cepat didengar oleh pihak logistik, sebaiknya hubungi Shopee dulu. Kalian cukup sebutkan nomor pesanan dan screenshoot tracking yang menyatakan paket hilang. CS akan menengahi pengajuan ganti rugi sehingga proses lebih cepat.

Sekian artikel tentang Paket Dinyatakan Hilang oleh Pihak Logistik di Shopee. Kesimpulannya barang yang dikirimkan kemungkinan hilang, pembeli dan penjual dapat mengklaim ganti rugi ke pihak logistik melalui Shopee.

Post a Comment for "Paket Dinyatakan Hilang oleh Pihak Logistik"