Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda di Shopee

Apa Arti Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda ShopeeApa Arti Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda Shopee
Status pesanan yang dibeli online melalui Shopee pasti diawali dengan Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda. Apa arti dan berapa lama prosesnya?

Sistem Shopee membuat status pengiriman yang seragam meskipun layanan kurir berbeda. Ini bisa terjadi pada kalian yang menggunakan J&T Express, SiCepat, Anteraja, JNE Express, Ninja Xpress, Pos Indonesia dll. 

Apa Arti Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda

Artinya penjual telah menerima pesanan dari pembeli dan saat ini sedang mengemas barang sebelum dipick-up/ drop off ke kurir. 

Biasanya tak sampai 1x24 jam sudah diterima layanan pengiriman dan siap dilanjutkan ke area pengantaran berikutnya. Namun terkadang pengiriman stuck, ada banyak hal yang menyebabkan masalah ini. 

Dari sisi penjual bisa karena banyak pesanan yang masuk sehingga pengemasan terlambat atau barang kosong dan harus mencari stok dulu. Bagi yang pakai SiCepat ada istilah paket gagal di pick up oleh sigesit barang not ready.

Dari sisi kurir bisa disebabkan banyaknya barang yang harus dipickup dan hingga akhir jam kerja belum sempat terambil. Hujan deras, banjir, penyekatan dll juga bisa menyebabkan pickup terkendala. Pick up akan diulangi pada hari kerja berikutnya.

Dari sisi Shopee juga bisa lho, perlu diingat sekarang ada sistem resi otomatis. Ketika penjual menerima pesanan dan memilih metode pengiriman, otomatis akan muncul nomor resi. Penjual akan mencetak label pengiriman dan menempelkan ke bungkus paket kiriman. Selanjutnya kurir akan scan barcode AWB yang menandakan paket diterima.

Terkadang resi otomatis tersebut tidak muncul dengan notifikasi "Kode Booking Sedang Dibuat". Penjual pun tak bisa apa-apa selain menunggu dan status pengiriman Shopee pun stuck tidak bergerak.

Cara Mengatasi Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda

Yang perlu dilakukan oleh pembeli adalah menghubungi penjual barang melalui fitur chat di Shopee. Tanyakan baik-baik mengapa paket tidak segera dikirim padahal sudah berhari-hari.

Penjual profesional pasti akan minta maaf lalu menjelaskan mengapa mereka tidak dapat mengirim secepat mungkin. Setelah itu pilihan ada di tangan pembeli, mau menunggu atau minta dibatalkan saja.

Kita sebagai pembeli tidak bisa mencancel pesanan kecuali penjual gagal mengirim hingga batas waktu. Waktu pengemaskan yang diberikan oleh Shopee adalah 7 hari setelah pesanan diterima. Lebih dari itu akan ada penalti yang menurunkan rating toko.

Sekian artikel tentang Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda di Shopee. Kesimpulannya penjual sudah mengkonfirmasi pesanan dari pembeli dan saat ini sedang membungkus paket sebelum diserahkan ke jasa kirim.

Post a Comment for "Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda di Shopee"