Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Maksud Dari Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir?

Apa Maksud Dari Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir?
Ketika kita mengecek status pengiriman Pesanan Saya di Shopee, muncul "Paket telah dikirim dari tempat sortir". Apa maksud status ini dan berapa lama barang sampai rumah?

Sering kali pengiriman stuck di tempat sortir hingga berhari-hari. Bisa terjadi pada kurir logistik mana saja, mulai dari Anteraja, SiCepat, J&T Express, JNE ataupun Pos Indonesia. Tentu saja hal ini membuat calon penerima paket panik.

Arti Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir Shopee

Tempat Sortir artinya gudang besar dari kurir logistik yang berfungsi sebagai tempat untuk menyortir barang. Semua paket yang masuk akan disortir/ dipisahkan sesuai dengan tujuan berikutnya. Waktu yang dibutuhkan tergantung jumlah barang masuk pada hari tersebut.

Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir maksudnya paket telah melalui proses penyortiran lalu dikirimkan ke area pengiriman selanjutnya sesuai dengan alamat tujuan.

Paket Telah Diterima di Tempat Sortir artinya paket sudah sampai di gudang untuk disortir berdasarkan area pengantaran selanjutnya. Lama tidaknya proses tergantung pada jumlah barang yang masuk.

Baca juga: Apa Arti Hold Pending SiCepat Ekspres

Perlu diingat status pengiriman dari Shopee pasti berbeda dengan tracking via website/ aplikasi kurir. Biasanya hanya perbedaan istilah saja, Shopee memakai istilah "Paket telah dikirim dari Tempat Sortir" agar status pengiriman dari kurir berbeda menjadi seragam.

Berikut ini adalah contoh perbedaan status pengiriman J&T Express di jet.co.id/track vs Shopee.

perbedaan status pengiriman tempat sortir J&T Express vs Shopee
Untuk pengguna jasa J&T Express ditambahkan nama kota dimana tempat sortir berada. Sebut saja Paket telah dikirimkan dari NGASEM/ KEDIRI/ SURABAYA/ MADIUN/ MAGETAN tempat sortir.

Mulai dari Drop Point dan Transit Center disamakan disebut Tempat Sortir. Yang menarik status di Shopee "dikirim dari" namun faktanya di tracking J&T baru Arrived/ Sampai (cek tanggal dan jam).

Sedangkan untuk SiCepat Ekspress via www.sicepat.com/checkAwb dituliskan dengan "Paket telah sampai di NAMAKOTA tempat sortir".

Berapa lama barang di tempat sortir Shopee Sicepat?

Mulai dari kantor cabang di kecamatan, Line Haul Darat/ Udara, Sortation di Kota disebut Tempat Sortir di status pengiriman pesanan saya. Shopee cuma menunjukkan status barang sampai namun tidak untuk barang keluar.

Berapa Lama Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir?

Seharusnya kurang dari 1x24 jam sudah ada pengerakan ke tujuan selanjutnya. Waktu yang dibutuhkan tergantung jumlah paket yang masuk pada hari tersebut. 

Informasi status pengiriman yang tidak bergerak dari lokasi sortir terjadi karena overload. Terlalu banyak pesanan yang ada dalam antrian sortir. Sebut saja ketika harbolnas atau promo tanggal kembar dimana banyak voucher diskon dan free ongkir.

Status ini juga dipengaruhi lama perjalanan dari gudang kota A ke kota B. Misalnya untuk pengiriman SiCepat Halu dari Jakarta ke Samarinda. Jika melalui Line Haul Darat harus menyebrangi laut naik kapal. Pengiriman bisa stuck 3-4 hari sebelum akhirnya sampai di Gudang Samarinda.

Jika dirasa pengiriman terlalu lambat, tidak ada salahnya menghubungi customer service agar proses lebih dimaksimalkan oleh petugas terkait. Mudah-mudahan paket sampai sesuai dengan waktu estimasi yang diprediksi.

Apakah Bisa Ambil Sendiri ke Tempat Sortir

Sebagian besar kurir di Indonesia tidak mengijinkan pelanggan ambil paket ke tempat sortir. Jika ingin menjemput sendiri sebaiknya tunggu hingga paket sampai di kantor cabang di kotamu.

Perlu diingat tempat sortir berupa gudang besar yang memproses puluhan hingga ratusan ribu paket setiap harinya.

Fokus utama dari sebuah lokasi sortir/ gudang transit adalah menyelesaikan proses penyortiran agar paket bisa didistribusikan ke alamat tujuan secepatnya.

Tidak ada petugas yang melayani ambil langsung ataupun drop off ke lokasi. Selain itu juga tidak ada kurir yang ditugaskan untuk pick up dan delivery ke rumah pelanggan.

Sekian artikel tentang Apa Maksud Dari Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir? Kesimpulannya istilah Tempat Sortir digunakan oleh Shopee untuk menyebut istilah Gudang, Kantor, Gateway, Staging Store, HUB, Drop Point dll.

Post a Comment for "Apa Maksud Dari Paket Telah Dikirim dari Tempat Sortir?"