Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Komplain Paket Anteraja Tidak Bergerak

Cara Komplain Paket Anteraja Tidak Bergerak
Kangtho akan berbagi pengalaman tentang cara komplain paket Anteraja tidak bergerak. Berusaha mengatasi status pengiriman yang tidak berubah hingga berhari-hari.

Anteraja adalah salah satu jasa kirim terbaik di Indonesia, apalagi banyak promo potongan ongkir. Masih tergolong muda namun jangkauannya sudah luas. Walaupun ada 1-2 yang pengiriman paket bermasalah pasti lebih banyak yang sampai tepat waktu.

Cara Komplain Paket Anteraja Tidak Bergerak 

Perlu diingat biasanya CS hanya mau menindaklanjuti laporan dari pengiriman yang melebih waktu estimasi. Estimasi pengirimannya adalah 3 hari sejak paket berhasil dilakukan pick-up oleh kurir (estimasi beda tergantung jenis layanan dan jarak).

Misalnya kurir pickup tanggal 1 jam 11.31 maka kita harus menunggu hingga tanggal 4 hingga jam 20.00. Kurang dari estimasi pengiriman, CS pasti memohon kesediaan untuk menunggu hingga batas waktu.

Pertama yang harus dilakukan adalah tracking resi pengiriman di anteraja.id/tracking atau aplikasi. Silahkan hitung waktu estimasi dari tanggal sukses terpickup + 3 hari. Ingat ya estimasi dari Anteraja itu beda dengan yang ada di Shopee ataupun Tokopedia.

Masih kurang dari estimasi? Kalian harus berani bersikap tegas dan meminta pengiriman dimaksimalkan. Katakan bahwa barang tersebut penting dan dibutuhkan sesegera mungkin. Mudah-mudahan CS pengertian lalu membuatkan laporan ke tim terkait.

1. Call Center (021) 50603333

Cara paling mudah menyelesaikan masalah tentu saja ngomong langsung. Siapkan informasi nomor resi di kertas agar nanti mudah menyebutkan jika CS bertanya. Katakan baik-baik keluhan anda dan minta agar pengiriman dipercepat.

2. Email cs@antaraja.id

Kirimkan email dengan Subjek seperti Pengiriman Tidak Bergerak, Pengiriman Paket Melebihi Waktu Estimasi atau Komplain Paket Belum Sampai dll.

Tulis nama penerima, alamat, nomor telepon dan yang terpenting resi pengiriman. Setelah itu jelaskan kronologi paket bermasalah yang tidak kunjung sampai rumah. Tanyakan keberadaan barang dan minta pengiriman disesegerakan.

3. Media Sosial

Anteraja memiliki akun di platform media sosial populer yang juga melayani keluhan dari pelanggan. Kalian bisa komen di postingan, mention atau bagi yang ingin menjaga privasi bisa lewat Inbox.

Berikut adalah nama akun dari CS Anteraja,

  • Facebook: official.anteraja
  • Instagram: @anteraja.id
  • Twitter: anteraja_id
Dalam postingan dari blog.anteraja.id disebutkan bahwa jam kerja Customer Service itu dari 08.00 hingga 20.00. Beberapa sumber menyebutkan untuk Call Center bisa 24 jam. Kangtho lebih menyarankan untuk hubungi di jam kerja di atas.

Pengalaman Komplain ke Customer Service Anteraja

Yang akan dibahas disini merupakan pengalaman kangtho sendiri. Beli beberapa paket dari Surabaya ke Magetan di Shopee saat promo 9.9. Total ada 3 paket yang ternyata dikirim dengan Anteraja. Semua sukses terpick-up kurir pada 9 September.

Tanggal 10 September, ada 2 paket yang sampai rumah dengan selamat. Sedangkan 1 paket ternyata tidak bergerak dari status Parcel sudah tiba di SS Kota Surabaya - Sukolilo untuk menuju ke hub (tracking Anteraja) atau Paket telah dikirim dari tempat sortir (status Shopee).

Pengalaman Netizen Komplain ke Customer Service Anteraja

Hari itu juga kangtho menghubungi CS via Twitter @anteraja_id dan menyebutkan nomor resi. Pihak CS menyuruh menunggu hingga batas estimasi waktu pengiriman. 

Sebenarnya dari tracking sudah keliatan ada yang tidak beres, kenapa dari 9 September 12.41 tidak ada perubahan status.

Jarang sekali ada paket stuck di Staging Store. Ingat ya SS itu cabang milik agen yang hanya menangani sedikit barang. Biasanya jika siang sudah sampai SS, malam harinya akan disortir di Hub sebelum dikirim ke Hub di kota tujuan.

Tanggal 11 September adalah waktu estimasi pengiriman yang ada di Shopee, kangtho pun protes lagi. Pihak CS menyuruh menunggu hingga tanggal 12 September pukul 20.00. Hitungan Anteraja REG itu 3 hari setelah sukses dipick up kurir untuk satu pulau. Wajib nunggu hingga jam 20.00 yang merupakan akhir jam kerja kurir.

Sangat kecewa dengan jawaban ini karena barang stuck di SS Sukolilo. Tidak bergerak 2 hari jelas ada masalah di sana. CS tidak berniat mengkonfirmasi keberadaan barang ke SS kecuali sudah melebihi waktu estimasi.

Tanggal 12 September pagi, aplikasi Shopee memberikan notifikasi berisi permintaan maaf Keterlambatan Pengiriman Pesanan. Disebutkan bahwa jasa kirim sedang berusaha untuk mempercepat pengiriman (bullsh*t). Malam hari jam 21, kangtho bertanya lagi dan CS baru menjawab keesokan paginya. 

Tanggal 13 September pagi, CS akhirnya mau membantu untuk menindaklanjuti ke tim resolusi agar dimaksimalkan proses pengantarannya.

Tanggal 14 September 00.03, status pengiriman berubah menjadi Parcel sedang diproses di Hub. Ada satu tahap yang diskip yaitu Parcel sudah tiba di Hub. Nama kotapun tidak dicantumkan oleh petugas.

Tanggal 15 September pagi, Parcel menuju ke Hub (proses transit). Lagi lagi tidak disebutkan kota dimana hub berada. Pagi itu Anteraja melalui Whatsapp meminta maaf dan menyesali adanya keterlambatan paket dari pihak mereka.

Tanggal 16 September, pengiriman berjalan normal dan siangnya sampai di rumah. Untungnya barang sampai rumah dengan selamat. Pengiriman molor parah dari yang biasanya dari Surabaya ke Magetan itu 1-2 hari menjadi hampir 7 hari.

Yang paling mengecewakan tentu saja sikap CS yang cuek jika belum melebihi waktu estimasi pengiriman. Padahal keterlambatan bisa dideteksi lebih dini dari tracking pengiriman. Andai CS langsung bikin laporan sejak tanggal 10, mungkin tanggal 12-13 paket sudah sampai.

Sekian artikel tentang Cara Komplain Paket Anteraja Tidak Bergerak. Kesimpulannya untuk komplain kita harus menunggu pengiriman melebihi waktu estimasi. Sebelum itu Customer Service pasti menyarankan untuk sabar menunggu.

Post a Comment for "Cara Komplain Paket Anteraja Tidak Bergerak"