Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Status CODB SiCepat Ekspres

Arti Status CODB SiCepat Ekspres
Sering kali penjual heran mengapa status pesanannya belum selesai hingga berhari-hari. Saat tracking resi muncul status Paket di kembalikan di [Nama Kota] - COD Bermasalah (CODB). Apa arti status ini dan bagaimana cara mengatasi? 

CODB bisa dibilang salah satu petaka bagi seorang penjual online. Sistem pembayaran Cash On Delivery yang seharusnya mempermudah malah bikin masalah. Tidak heran banyak yang menonaktifkan pilihan COD.

Arti Status CODB SiCepat Ekspres

CODB singkatan dari COD Bermasalah, artinya pembeli menolak barang yang seharusnya dibayar dengan sistem COD karena alasan tertentu. Kurir akan membawa barang ke gerai terdekat lalu mengirim kembali ke Penjual.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pembeli menolak paket yang datang. Dalam sistem tracking setelah tulisan CODB seharusnya ada keterangan yang merupakan alasan mengapa COD gagal.

  • Pengiriman terlalu lama. Kemungkinan barang dibutuhkan tanggal X tapi ternyata datang setelah itu. Pembeli akhirnya menolak karena sudah tidak memerlukan barang tsb.
  • Uang kurang (Harga tidak sesuai dengan aplikasi).
  • Barang rusak ketika sampai rumah.
  • Pembeli tidak merasa pesan, bisa karena salah alamat atau orang rumah tidak tahu sehingga tidak mau menerima paket.
  • Pembeli tidak ada respon. Beliau tidak ada di tempat saat kurir datang dan tidak bisa dihubungi.

Bagi anda penjual, silahkan hubungi Pembeli via chat atau nomor Whatsapp. Benarkah dia menolak paket kiriman? 

Jika ternyata tidak, kemungkinan ada miskomunikasi. Tanyakan apakah alamat sudah benar. Setelah itu hubungi CS SiCepat Ekspres agar paket dikirimkan ke alamat baru. Mintalah SiGesit menghubungi nomor pembeli sebelum pergi mengantar.

Baca juga: Apa itu OTS SiCepat Ekpress?

Nah sebaliknya jika dia memang menolak, tanyakan baik-baik alasannya. Beri pengertian tentang sistem COD dan kualitas barang, mungkin saja pembeli berubah pikiran lalu ingin menerima. Setelah itu tinggal hubungi CS untuk mengantar ulang. Blacklist saja pembeli nakal yang ingin main-main dengan sistem COD.

Sekian artikel tentang Arti Status CODB SiCepat Ekspres. Kesimpulannya merupakan singkatan dari Cash On Delivery Bermasalah. Terjadi suatu kendala sehingga penjualan barang via COD tidak berjalan lancar. Normalnya dalam sistem tracking disebutkan keterangan detail penyebab dari masalah ini.

Post a Comment for "Arti Status CODB SiCepat Ekspres"